Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Se-Kecamatan Kuwus Barat Kabupaten Manggarai Barat

BUNDAR, Rivaldo Kusuma (2023) Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Se-Kecamatan Kuwus Barat Kabupaten Manggarai Barat. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (73kB)

Abstract

Rivaldo Kusuma Bundar, Nomor Regis 33118112 judul Skripsi “Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa se- Kecamatan Kuwus Barat Kabupaten Manggarai Barat”, di bawah bimbingan Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE.,M.Sc selaku pembimbing I dan Ibu Maria Odriana V. Moi,SE.,M.Sc selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1). Bagaimana gambaran kompetensi aparatur desa, pemanfaatan teknologi informasi, dan akuntabilitas pengelolaan dana desa? 2). Apakah kompetensi aparatur desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa? 3). Apakah pemanfaatan teknologi infomasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa? 4). Apakah kompetensi aparatur desa dan pemanfaatan teknologi informasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa? Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui gambaran kompetensi aparatur desa, pemanfaatan teknologi informasi, dan akuntabilitas pengelolaan dana desa, 2). Untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur desa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap akauntabilitas pengelolaan dana desa, 3). Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap akauntabilitas pengelolaan dana desa, 4). Untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur desa dan pemanfaatan teknologi informasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data menurut sifat, yakni data kuantitatif dan jenis data menurut sumber yakni data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan pertama, kompetensi aparatur desa termasuk dalam kategori sangat baik, pemanfaatan teknologi informasi termasuk dalam kategori baik, dan akuntabilitas pengelolaan dana desa dalam kategori sangat baik. Kedua, kompetensi aparatur desa, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Ketiga, kompetensi aparatur desa dan pemanfaatan teknologi informasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti memberikan saran untuk meningkatkan akuntabilitas laporan keuangan yang dihasilkan selain pemanfaatan teknologi informasi, juga perlu mengintensikan pelatihan pemahaman terhadap peraturan dan pengelolaan dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa, Kompetensi Aparatur Desa, Pemanfaatan Teknologi Informasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Rivaldo Kusuma Bundar
Date Deposited: 07 Nov 2023 05:35
Last Modified: 07 Nov 2023 05:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item