Penerapan Pendekatan Kontekstual Materipokok Zat Dan Wujudnya Pada Pesertadidik Kelas VIIA SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017

MANTAON, Petronela (2018) Penerapan Pendekatan Kontekstual Materipokok Zat Dan Wujudnya Pada Pesertadidik Kelas VIIA SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
01 ABSTRAK.pdf

Download (734kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf

Download (726kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (145kB)

Abstract

Pendekatan kontekstual merupakan sebuah strategi pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar peserta didik secara penuh, baik secara fisik maupun mental. Kontekstual memandang bahwa belajar bukan proses menghafal, tetapi melalui pengalaman pembelajaran yang dilalui peserta didik, mereka dapat memahami hakikat dan makna materi pembelajaran yang dialaminya secara langsung. Kelas dalam pembelajaran dengan menerapkan kontekstual bukan sebagai tempat memperoleh informasi, akan tetapi merupakan tempat untuk melakukan proses menguji suatu data dan memperoleh informasi dari materi pembelajaran yang dialami peserta didik. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok zat dan wujudnya pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok zat dan wujudnya pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah ketuntasan Indikator Hasil Belajar dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok zat dan wujudnya pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK St. Yoseph naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok zat dan wujudnya pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok zat dan wujudnyapada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan wujudnya pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok zat dan wujudnya pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017; (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok zat dan wjudnya pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017; (3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok zat dan wujudnya pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017; (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok zat dan wujudnya pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPKSt. Yoseph naikoten 2Kupang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIA SMPK St. Yoseph Naikoten 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah bahan ajar peserta didik, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, kisi-kisi dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya, tes hasil belajar (produk dan penilaian afektif dan psikomotor) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif data penelitian diperoleh bahwa secara umum penerapan pendekatan kontekstual adalah baik untuk materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VIIA SMPK St Yoseph Naikoten 2 Kupang yang berjumlah 27 orang. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fisika materi pokok zat dan wujudnya yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah baik. Indikator hasil belajar yang disiapkan sebanyak tujuh indikator produk semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik secara kelas dikatakan tuntas pada aspek produk, penilaian afektif dan psikomotor serta respon peserta didik sehingga penerapan pendekatan kontekstual pada materi pokok zat dan wujudnya adalah baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, Zat dan Wujudnya, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:42
Last Modified: 29 Jan 2020 01:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item View Item