Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Hotel Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

MARETZIA, Febronia Somi Eka (2023) Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Hotel Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (444kB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan sub sektor hotel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia” ditulis oleh Febronia Somi Eka Maretzia, NIM : 32119020, dibawah bimbingan Dr. Stanis Man, SE.M.Si dan Selfiana Goetha, SE, MM. Tujuan penelitian untuk menganalisis: 1) gambaran likuiditas (X1), profitabilitas (X2), ukuran perusahaan (X3) dan nilai perusahaan (Y); 2) pengaruh likuiditas (X1) terhadap nilai perusahaan (Y); 3) pengaruh profitabilitas (X2) terhadap nilai perusahaan (Y); 4) pengaruh ukuran perusahaan (X3) terhadap nilai perusahaan (Y); pengaruh secara simultan variabel X1, X2,X3 terhadap variabel Y. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, mengukur likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan dan nilai perusahaan sub sektor hotel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Jumlah sampel penelitian sebanyak 90. Metode pengumpulan data melalui media perantara yang telah dikelola dalam bentuk catatan dan dokumen keuangan perusahaan pada Bursa efek Indonesia. Alat analisis menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian ini: 1) hasil analisis menunjukkan variabel likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan mengalami fluktuasi sehingga menyebabkan penurunan nilai perusahaan sub sektor hotel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022; 2) secara parsial rasio likuiditas memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,000; 3) secara parsial rasio profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,039; 4) secara parsial ukuran perusahaan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,015; 5) secara simultan rasio likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,000. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk perusahaan yang bergerak pada bidang sub sektor hotel: 1) memperbaiki posisi likuiditasnya dengan cara mengalihkan asset yang kurang marketable menjadi marketable serta terus menjaga keseimbangan jangka waktu asset dan kewajiban agar dapat meminimalisir dampak buruk bagi perusahaan kedepannya; 2) meningkatkan kinerja perusahaan dengan meningkatkan layanan, mengadakan promo hotel atau menambah produk baru sesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen serta melakukan promosi yang semenarik mungkin; 3) menjaga nama baik perusahaan dan terus berupaya mengembangkan strategi inovatif dan terarah agar mampu bersaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Febronia Somi Eka Maretzia
Date Deposited: 21 Nov 2023 23:41
Last Modified: 21 Nov 2023 23:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14716

Actions (login required)

View Item View Item