Analisis Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SD Negeri Nisakarang Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur

BAYO, Emanuel Nama (2023) Analisis Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SD Negeri Nisakarang Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (217kB)

Abstract

Emanuel Nama Bayo, NIM 33118108 dengan Judul Skripsi Analisis Pengelolan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDN Nisakrang Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur dibahwa Bimbingan Pak Stanis Man,SE.,M.Si Selaku Pembimbing I dan Pak Leopold M.T. Dawu,SE,MM Selaku Pembimbing II. Rumasan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Apakah Pengelolaan Dana BOS pada SDN Nisakarang sudah sesuai dengan permdikbud Nomor 06 Tahun 2021?,2) Kendalah apa yang dihadapi dalam pengelolaan Dana BOS?,3) Apa saja faktor pendukung dalam pengelolaan dana BOS pada SDN Nisakarang?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah SD Negeri Nisakarang Tahun 202,faktor penghambat BOS, dan faktor pendukung BOS. Penelitian dilakukan pada SDN Nisakarang Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifiat deskriptif dengan jenis data berupa data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Defenisi Operasional berupa Evalusi Program serta dana BOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Program BOS pada SDN Nisakarang yang dimulai dari perencanaan,pelaksanaan,dan laporan pertanggung jawaban sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 06 Tahun 2021 pengelolaan dana BOS.Namun, masih ada faktor penghambat dalam pengelolaan dana BOS pada SDN Nisakarang yang mengakibatkan belum optimalnya penggunaan dana BOS secara keseluruhan.Faktor penghambat tersebut antara lain: waktu pencairan dana Bos, pembelajaran pada masa pandemi Covid 19, jariangan internet yang tidak stabil dan adanya campur tangan birokrasi dalam pengelolaan dana BOS.Faktor Pendukung dalam pengelolaan dana BOS pada SDN Nisakarang adalah dukungan pemerintah dengan memberikan petunjuk teknis pengelolaan dana BOS dan sosialisasi tentang tatacara pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur, terjalinnya bentuk kerja sama yag baik dari pihak pengelola dana BOS, komite sekolah dan para guru,motivasi yang tinggi dan kinerja yang maksimal dan,dukungan para guru.Dari kesiimpulan di atas saran yang diberikan adalah sebagai berikut:bagi sekolah ,dalam hal pelaporan penggunaan dana BOS, Kepala Sekolah, Bendahara, dan Guru-Guru hendaknya berkoordinasi dengan baik, agar dapat mengetahui laporan penggunaan dana BOS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis,Pengelolaan dan Dana Bos
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Emanuel Nama Bayo
Date Deposited: 06 Dec 2023 00:00
Last Modified: 06 Dec 2023 00:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item View Item