Analisis Lingkungan Pengendalian Dalam Pengelolaan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Kelurahan Fatululi Kecamatan Oebobo Kota Kupang)

PAILAU, Sanurani Ruth (2022) Analisis Lingkungan Pengendalian Dalam Pengelolaan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Kelurahan Fatululi Kecamatan Oebobo Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis lingkungan pengendalian dalam pengelolaan dana pemberdayaan ekonomi masyarakat (studi kasus pada kelurahan Fatululi kecamatan Oebobo kota Kupang) telah dilakukan oleh Sanurani Ruth Pailau, nim 33117055 dibawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana,SE.,M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Maria Odriana Veronima Moi,SE.,M.Sc selaku pembimbing II. Dalam penelitian ini, faktor apa saja yang menyebabkan kelemahan lingkungan pengendalian intern Kelurahan Fatululi dalam pengelolaan dana PEM terkait dengan adanya penunggakkan dana pemberdayaan ekonomi masyarakat (PEM) di Kelurahan Fatululi, dampak penunggakan bagi pengguliran dana PEM di Kelurahan Fatululi dan solusi apa yang telah dilakukan LPM Kelurahan Fatululi terkait penunggakan dana PEM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kelemahan lingkungan pengendalian intern dalam pengelolaan dana pemberdayaan ekonomi masyarakat (PEM), mengetahui dampak penunggakan dana PEM terhadap pengguliran dana PEM di Kelurahan Fatululi dan mengetahui solusi yang telah dilakukan oleh LPM Kelurahan Fatululi Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama; pemimpin tidak menerapkan penegakan integritas dan nilai etika. Kedua; Tidak ada komitmen terhadap kompetensi. Ke tiga; Kepemimpinan yang tidak kondusif. Ke empat: Pembentukan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan. Ke lima; Pendelegasian wewenang dan tanggungjawab yang tidak tepat. Ke enam; Penyusunan dan penerapan kebijakan yang kurang sehat tentang pembinaan sumber daya manusia. Ke tujuh; Perwujudan peran aparat pengawasan intern pemerintah yang kurang efektif. Ke delapan; Hubungan kerja sama yang baik dengan intstansi pemerintah terkait. Dampak dari lemahnya lingkungan pengendalian intern pada Kelurahan Fatululi adalah penunggakan dana PEM yang berakibat pada diberhentikannya pengguliran dana pada tahun 2018 sampai sekarang. Solusi yang telah dilakukan adalah pendekatan secara personal dan memberikan surat peringatan kepada para penunggak dana PEM. Melihat dari hasil penelitian tersebut maka dapat disarankan: pertama; kepada Inspektorat atau Bappeda harus ada aparat pengawas untuk lebih tegas dalam mengawasi setiap operasional dari LPM. Kedua; LPM harus memiliki kearsipan data penerima dana PEM yang lengkap dalam mengelolaan dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM). ketiga; Bagi ketua LPM harus lebih bertanggung jawab, tegas dan berkonsisten dalam kebijakan pengelolaan dana PEM serta harus memiliki kebijakan jaminan yang kuat dari penerima dana PEM kepada LPM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SPIP, Dana PEM, Faktor yang menyebabkan Kelemahan Lingkungan Pengendalian Intern.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Sanurani Ruth Pailau
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:25
Last Modified: 19 Dec 2023 01:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

View Item View Item