Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Price To Book Value (PBV), Earning Per Share (EPS), Dan Dividen Per Share (DPS) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

SEDA, Septania (2023) Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Price To Book Value (PBV), Earning Per Share (EPS), Dan Dividen Per Share (DPS) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)

Abstract

Septania Seda (32119056) dengan judul penelitian “Pengaruh Price Earning Ratio, Price to Book Value, Earning Per Share dan Dividen Per Share Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”, dibawah bimbingan Bapak Dr. Stanis Man, SE, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Selfiana Goetha, SE, MM selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Price Earning Ratio, Price to Book Value, Earning Per Share dan Dividen Per Share secara parsial dan Simultan terhadap Return Saham Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan yaitu data sekunder dan sampel yang digunakan sebanyak 10 perusahaan. Periode penelitian selama 5 tahun dari tahun 2017-2021. Jadi sampel penelitian sebanyak 50 sampel didapat dari 10 perusahaan dikali 5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu teknik pengumpulan data dokumentasi dimana data tersebut diakses melalui web situs www.idx.co.id dan data yang diambil merupakan sejarah perusahaan serta data laporan keuangan pada sektor perusahaan pertambangan. Adapun teknik dalam analisis data ini adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik Inferensial. Analisis statistik inferensial berupa uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari uji asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa secara parsial Price Earning Ratio dan Earning Per Share tidak berpengaruh signifikan terhadap Return saham sedangkan Price to Book Value dan Dividen Per Share berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sehingga uji secara simultan yang dilakukan menunjukkan bahwa Price Earning Ratio, Price to Book Value, Earning Per Share dan Dividen Per Share secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap Return Saham. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan menjelaskan bahwa kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 30,7% dan sisanya sebesar 69,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio, Price to Book Value, Earning Per Share, Dividen Per Share, Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Septania Seda
Date Deposited: 12 Feb 2024 00:19
Last Modified: 12 Feb 2024 00:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14840

Actions (login required)

View Item View Item