Pengaruh Desain Produk, Citra Merek, Dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Cinderamata Khas Kabupaten Sikka Pada Toko Tikung Indah Maumere

GENOVEVA, Theresia (2019) Pengaruh Desain Produk, Citra Merek, Dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Cinderamata Khas Kabupaten Sikka Pada Toko Tikung Indah Maumere. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)

Abstract

Banyak industri, terutama industri cinderamata berlomba-lomba menciptakan inovasi terbaru untuk menarik perhatian konsumen. Produk Toko Tikung Indah membuat desain produk yang unik, tetapi desain tersebut sama persis dengan toko cinderamata lain. Nama dari Toko Tikung Indah juga belum terlalu dikenal masyarakat karena papan nama toko yang dibuat berukuran kecil dan iklan yang dibuat menggunakan warna hitam putih, sehingga konsumen tidak terdorong untuk membacanya. Hal tersebut diduga penyebab turunnya minat beli ulang konsumen produk cinderamata di Toko Tikung Indah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persepsi konsumen tentang desain produk, citra merek, dan iklan terhadap minat beli ulang pada Toko Tikung Indah, 2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh desain produk, citra merek, dan iklan secara parsial terhadap minat beli ulang pada Toko Tikung Indah, 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh desain produk, citra merek, dan iklan secara simultan terhadap minat beli ulang pada Toko Tikung Indah. Penelitian dilakukan di Toko Tikung Indah Maumere. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 108 responden, dengan menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial dengan menggunakan program SPSS Statistic version 16. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diketahui bahwa Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran rata-rata skor untuk kategori persepsi (Ps-p) variabel desain produk sebesar 68,04, citra merek sebesar 74,3, iklan sebesar 76,9 dan minat beli ulang sebesar 70,75 dikategorikan tinggi, dan tidak sesuai dengan hipotesis yang dibuat, yaitu hanya cukup tinggi. Hasil uji t menunjukkan variabel desain produk, citra merek, iklan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang produk cinderamata, dan sesuai dengan hipotesis yang ada, yaitu berpengaruh positif dan signifikan. Hasil uji f menunjukkan variabel desain produk, citra merek, dan iklan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang produk cinderamata, dan sesuai dengan hipotesis yang ada, yaitu berpengaruh positif dan signifikan. Hasil koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 47,6% minat beli ulang produk cinderamata yang merupakan kontribusi dari 3 (tiga) variabel bebas, yaitu desain produk, citra merek, dan iklan sedangkan sisanya 52,4% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan kepada Toko Tikung Indah adalah lebih memperhatikan motif produk, seperti menginovasi produk anting, cincin, dan kalung dengan membuat ukiran yang berbentuk bunga mawar supaya terlihat lebih indah dan juga menggunakan motif bunga yang indah pada produk dompet dan tas. Tikung indah harus melakukan promosi seperti melalui radio, katalog, dan browsur berwarna agar lebih menarik konsumen untuk membacanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:45
Last Modified: 30 Jan 2020 04:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1485

Actions (login required)

View Item View Item