Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Microsoft Power Point Dan Ispring Suite 11 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Pada Materi Aritmetika Sosial

ARAN, Wilhelmus (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Microsoft Power Point Dan Ispring Suite 11 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Pada Materi Aritmetika Sosial. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan SURAT PLAGIASI.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) mendeskripsikan kualitas media pembelajaran matematika berbasis android untuk meningkatkan prestasi belajar siswa; dan (3) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis android. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis (analisis), Design (desain/perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik penyajian data yang digunakan yaitu wawancara, pengisian angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan, analisis kepraktisan, analisis keefektifan dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor 91,04%; (2) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis dari hasil respon guru dan siswa dengan skor 90% dan 93%; (3) Media yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan skor 88,98%; dan (4) Media yang dikembangkan meningkatkan prestasi belajar siswa memenuhi kriteria tinggi dengan skor 0,79. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan agar pada saat pembelajaran bisa menggunakan media ini terkhusus untuk pembelajaran matematika pada materi aritmetika sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: iSpring suite 11, Prestasi Belajar Matematika, Aritmetika Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Wilhelmus Aran
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:16
Last Modified: 19 Feb 2024 07:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14857

Actions (login required)

View Item View Item