Analisis Kinerja Keuangan Dan Kinerja Pelayanan Pada Badan Layanan Umum (BLU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua Tahun Anggaran 2019-2022

MODOK, Putri Irjayanti Skanto (2024) Analisis Kinerja Keuangan Dan Kinerja Pelayanan Pada Badan Layanan Umum (BLU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua Tahun Anggaran 2019-2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (431kB)

Abstract

Putri Irjayanti Skanto Modok, NIM 33118089 dengan judul skripsi “Analisis Kinerja Keuangan dan Kinerja Pelayanan Pada Badan Layanan Umum (BLU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua Tahun Anggaran 2019-2022” di bawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana, SE, M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Viany Cecilia Pah, SE, M.Si sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Kinerja Keuangan pada BLUD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua pada tahun anggaran 2019-2022. 2) Bagaimana Kinerja Pelayanan pada BLUD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua pada tahun anggaran 2019-2022. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja keuangan pada BLUD RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua tahun anggaran 2019-2022 dan kinerja pelayanan pada BLUD RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua pada tahun anggaran 2019-2022. Penelitian ini menggunakan pengukuran dengan metode analisis deskriptif rasio keuangan dan indikator pelayanan. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dan data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan pada RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua menunjukkan bahwa kinerja keuangan rumah sakit tahun 2019 dengan total skor sebesar 41,32% masuk dalam kriteria “SEDANG” dengan predikat “B”, tahun 2020 dengan total skor sebesar 42,63% masuk dalam kriteria “SEDANG” dengan predikat “B”, tahun 2021 dengan total skor sebesar 51,05% masuk dalam kriteria “SEDANG” dengan predikat “BB”, dan tahun 2022 dengan total skor sebesar 42,89% masuk dalam kriteria “SEDANG” dengan predikat “B”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan rumah sakit tahun 2019-2022 secara umum cukup baik dan cukup sehat, namun untuk Collection Period memiliki skor rasio keuangan yang terbilang masih rendah. Sedangkan untuk indikator pelayanan yang terdiri dari BOR tahun 2019-2022 dengan rata-rata sebesar 65,15% dengan kriteria “IDEAL”, indikator ALOS tahun 2019-2022 dengan rata-rata sebesar 3,47 hari dengan kriteria “TIDAK IDEAL”, indikator BTO tahun 2019-2022 dengan rata-rata sebesar 70,05 kali dengan kriteria “IDEAL”, indikator TOI tahun 2019-2022 dengan rata-rata sebesar 2,41 hari dengan kriteria “IDEAL”, indikator NDR tahun 2019-2022 dengan rata-rata sebesar 16,64% dengan kriteria “IDEAL”, dan indikator GDR tahun 2019-2022 dengan rata-rata sebesar 31,26% dengan kriteria “IDEAL”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa indikator pelayanan tahun 2019-2022 bisa dikatakan memenuhi standar Permenkes Nomor 1171 tahun 2011. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan dan kinerja pelayanan pada RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua masih dalam kriteria baik dan sehat. Saran dari penelitian ini yakni, untuk pengukuran kinerja keuangan yaitu periode penagihan piutang, dimana hendaknya piutang usaha dikelola dengan sebaik mungkin agar tingkat perputaran piutang usaha menjadi lebih baik dengan cara meningkatkan pengawasan terhadap SDM dalam melakukan penginputan berkas, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pengumpulan dokumen BPJS dan indikator pelayanan yaitu ALOS hendaknya perlu dilakukan penetapan kebijakan standar pelayanan yang mencakup indikasi perawatan rumah sakit, prosedur dan proses pelayanan. Sedangkan untuk penilaian terhadap indikator yang sudah baik agar tetap mempertahankan guna meningkatkan kinerja rumah sakit di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Kinerja Pelayanan, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Indikator BOR, Indikator ALOS, Indikator BTO, Indikator TOI, Indikator NDR, dan Indikator GDR.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Putri Irjayanti Skanto Modok
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:16
Last Modified: 20 Feb 2024 01:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14864

Actions (login required)

View Item View Item