Komunikasi Persuasif Dalam Film Dokumenter In The Name Of God: A Holy Betrayal Episode 1-3 Kisah Jeong Myeong Seok Melalui Pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce

TEME, Fransisca Aquilorum (2024) Komunikasi Persuasif Dalam Film Dokumenter In The Name Of God: A Holy Betrayal Episode 1-3 Kisah Jeong Myeong Seok Melalui Pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN PLAGIASI.pdf

Download (108kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Komunikasi Persuasif Dalam Film Dokumenter In The Name Of God: A Holy Betrayal Episode 1-3 Kisah Jeong Myeong Seok Melalui Pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce”. Film dokumenter merupakan film yang mendokumentasikan kenyataan dan fakta yang tidak direkayasa. Konsep-konsep yang dipakai dalam penelitian ini adalah komunikasi persuasif, film dan Semiotika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Jeong Myeong Seok melalui teknik persuasif yang digunakan yakni teknik disonasi/cognitive dissonance, ia mempengaruhi para pengikut untuk melakukan penyerangan, teknik asosiasi, melalui pesan bahwa ibu akan hidup dan kenyataan ini benar adanya, teknik integrasi/emphaty dimana ia menggunakan bahasa dialog memeriksa korban bahwa dirinya ditugaskan oleh Tuhan, teknik pemberian imbalan/ payoff idea yang dilakukannya dengan sebuah janji, teknik Fear Arrousing, ia menggunakan teknik ancaman untuk menarik hati para korban, teknik tataan, teknik ini digunakannya untuk menarik perhatian dan dukungan pengikutnya dan teakhir teknik red-hearing Kesimpulan dari penelitian pada film dokumenter In The Name Of God: A Holy Betrayal kisah Jeong Myeong Seok melalui pendekatan Charles Sanders Peirce dari tiga episode ini menemukan pemikiran terdapat komunikasi persuasif dengan tanda dialog yang digunakan oleh Jeong Myeong Seok dan melalui komunikasi persuasif terdapat penyesatan dalam ajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi pesusif, film dokumenter, semiotika
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Fransisca Aquilorum Teme
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:56
Last Modified: 20 Feb 2024 00:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14890

Actions (login required)

View Item View Item