Pola Komunikasi Antara Ibu Single Parent dan Anak dalam Serial Drama “Induk Gajah” berdasarkan pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce

DULI, Jenilen Peni (2024) Pola Komunikasi Antara Ibu Single Parent dan Anak dalam Serial Drama “Induk Gajah” berdasarkan pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (570kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pola Komunikasi Antara ibu Single Parent dan Anak dalam Serial Drama “Induk Gajah” berdasarkan pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce”. Dalam serial drama ini menampilkan kehidupan seorang ibu single parent dengan anaknya yang memiliki permasalahan dalam rumah terkait jodoh dan fisik anaknya yang besar sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai pola komunikasi ibu single parent dan anak dalam serial drama “Induk Gajah” menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah, komunikasi, pola komunikasi keluarga, ibu single parent, serial drama dan semiotika. Metode yang digunakan adalah semiotika Charles Sanders Peirce dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menonton serial drama “Induk Gajah” berulang-ulang, mengumpulkan scene yang menampilkan pola komunikasi ibu single parent dan anak, menafsirkan tanda dan menyimpulkan pola komunikasi ibu single parent dan anak dalam serial drama “Induk Gajah” berdasarkan triangle meaning Charles sanders Peirce berfokus pada konsep Ikon, Indeks dan Simbol. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat, gambaran pola komunikasi keluarga dalam serial drama “Induk Gajah” yakni, pola komunikasi authoritarian atau otoritas terhadap anak, pola komunikasi permissive atau memberikan kebebasan kepada anak untuk berpendapat serta pola komunikasi authoritative atau demokratif yakni bersikap terbuka terhadap anak namun memiliki kontrol rendah, melalui tanda (representamen), acuan tanda (object) ikon, indeks dan simbol serta penggunaan tanda (interpretan). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yakni dalam serial drama“Induk Gajah” ditemukan pola komunikasi authoritarian, pola komunikasi permissive dan pola komunikasi authoritative. Dari ketiga pola komunikasi ini yang paling menonjol yakni pola komunikasi authoritarian atau pola komunikasi yang mengomando anak sebab tokoh Ibu single parent dalam serial drama ini memiliki sikap yang tegas dan disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Single Parent, “Induk Gajah”, Semiotika.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Jenilen Peni Duli
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:43
Last Modified: 20 Feb 2024 07:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14914

Actions (login required)

View Item View Item