Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Restoran, Hotel Dan Pariwisata Yang Terdaftar Di Bei Periode 2020-2022)

HADU, Charles D. J. (2024) Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Restoran, Hotel Dan Pariwisata Yang Terdaftar Di Bei Periode 2020-2022). Masters thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN HASIL CEK PLAGIASI.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian berjudul “Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas Terhadap harga saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Restoran, Hotel dan Pariwisata yang Terdaftar di BEI periode 2020-2022)” oleh Charles D. J. Hadu, NIM 811212028, dibimbing oleh Dr. Yolinda Yanti Sonbay, S.E., M.Sc sebagai pembimbing pertama dan Dr. Henny A. Manafe, S.E, M.M sebagai pembimbing kedua. Tujuan penelitian ini : 1) Untuk mengetahui apakah likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. 2) Untuk mengetahui apakah likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. 3) Untuk mengetahui apakah kebijakan dividen mampu memediasi pengaruh likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas terhadap harga saham. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 perusaahaan restoran, hotel dan pariwisata dengan 3 tahun pengamatan 2020-2022. penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dan harga saham. Kebijakan dividen mampu memediasi likuiditas dan profitabilitas terhadap harga saham tetapi tidak mampu memediasi solvabilitas terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian, maka perusahaan diharapkan dapat menjaga nilai likuiditas agar semua kewajiban jangka pendek dapat terpenuhi. Jika kewajiban jangka pendek terpenuhi, perusahaan dinilai memiliki kinerja keuangan yang baik. Serta diharapkan mampu menjaga nilai solvabilitas. Sebab penggunaan utang jangka panjang yang besar mengakibatkan perusahaan memiliki tingkat risiko yang tinggi sehingga investor akan menghindari penanaman modal di perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Harga Saham.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Keuangan Perusahaan
Depositing User: M.M Charles Davidson Juniardy Hadu
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:16
Last Modified: 22 Feb 2024 01:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14939

Actions (login required)

View Item View Item