Analisis Pengelolaan Dana Desa Untuk Penanganan Stunting Pada Desa Kiufatu Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan

MISSA, Jizreel Febrianti (2024) Analisis Pengelolaan Dana Desa Untuk Penanganan Stunting Pada Desa Kiufatu Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Jizreel Febrianti Missa (33119148). Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis dibawah bimbingan dosen pembimbing I Ibu Dr. M.E Perseveranda, SE.,M.Si dan dosen pembimbing II Ibu Viany C. Pah, SE.,M.Si dengan judul penelitian “Analisis Pengelolaan Dana Desa Untuk Penanganan Stunting Pada Desa Kiufatu Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pengelolaan dana desa untuk penanganan stunting di Desa Kiufatu Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan pada tahun 2019-2021 serta apakah pengelolaan dana desa untuk penanganan stunting di Desa Kiufatu Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Desa. Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dana desa dalam penanganan stunting di Desa Kiufatu Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan pada tahun 2019-2021 serta untuk mengetahui pengelolaan dana desa dalam penanganan stunting di Desa Kiufatu Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Desa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat menyimpulkan bahwa pengelolaan dana desa dalam penanganan stunting di Desa Kiufatu sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan cukup berjalan dengan baik, namun masih ditemukkan beberapa kendala yaitu pada tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan, pada kedua tahap ini ada beberapa point yang menyimpang dari Permendagri No. 20 tahun 2018 yaitu pada tahap perencanaan dimana Kepala Desa tidak menyampaikan informasi mengenai APBDes kepada masyarakat melalui media informasi serta tidak sinkronnya Pemerintah Daerah dan wewenang Pemerintah Desa dalam perencanaan mengenai penerima manfaat penanganan stunting. Sedangkan pada tahap pelaksanaan yaitu semua penerimaan dan pengeluaran dana desa sudah didukung oleh bukti yang sah dan lengkap namun perlu adanya kepercayaan dari Pemerintah Desa kepada Kader Posyandu dalam pengelolaan dana pencegahan stunting. Berdasarkan kesimpulan diatas maka adapun saran yang diberikan yaitu Pemerintah Desa perlu menyampaikan kepada masyarakat tentang APBDes untuk penanganan stunting melalui media informasi bukan dari mulut ke mulut saja tetapi perlu adanya media lain seperti pemasangan baliho APBDes sehingga bersifat transparansi untuk semua tahap baik dari tahap perencanaan sampai tahap pertanggungjawaban serta perlu adanya sinkronisasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa agar semua program kerja dapat berjalan dengan baik dan perlu adanya kepercayaan antara Pemerintah Desa dan kader posyandu dalam pengelolaan dana pencegahan stunting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Dana Desa, Penanganan Stunting
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Jizreel Febrianti Missa
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:58
Last Modified: 22 Feb 2024 01:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14963

Actions (login required)

View Item View Item