Pengalaman Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Tentang Sekolah Online (Studi Kasus di Perumahan BTN Kolhua Blok W RT 021/RW 006 Kelurahan Kolhua Kec. Maulafa – Kota Kupang)

MIRA, Richard Ebenheazar Rihi (2024) Pengalaman Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Tentang Sekolah Online (Studi Kasus di Perumahan BTN Kolhua Blok W RT 021/RW 006 Kelurahan Kolhua Kec. Maulafa – Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (312kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengalaman Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Tentang Sekolah Online (Studi Kasus Di Perumahan Btn Kolhua Blok W Rt 021/Rw 006 Kelurahan Kolhua Kec. Maulafa – Kota Kupang). Sekolah online dilakukan karena terjadinya pandemic Covid-19, sehingga pembelajaran dilakukan dari rumah saja. Dalam hal ini orangtua diwajibkan dapat membantu anaknya dalam proses belajar di rumah, Komunikasi antar interpersonal dibutuhkan oleh orangtua untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan anak selama proses sekolah online. Penelitian ini mengusung konsep komunikasi interpersonal, efektivitas komunikasi interpersonal, asas-asas komunikasi interpersonal, hubungan orangtua-anak, pengalaman komunikasi orangtua-anak, dan sekolah online. Jenis penelitian yang dipilih adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teori efektivitas komunikasi interpersonal yang mengukur Keterbukaan, Empati, Sikap Mendukung, dan Sikap Positif. Teknik analisis yang diterapkan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil observasi ditemukan bahwa pada Keterbukaan dari anak kepada orangtua tentang sekolah online disampaikan oleh anak kepada ibu dibanding ayahnya karena ayah bekerja dan hanya memiliki waktu dirumah pada hari sabtu dan minggu, diungkapkan kepada ibunya dikarenakan ibunya yang ada dirumah dan selalu mendampingi anaknya saat sekolah online. Empati atau perasaan orangtua yang diberikan dengan memberikan tangapan oleh orangtua baik ayah maupun ibu memberikan respon atau tangapan kepada anak terkait perasaan. Sikap mendukung yang diberikan orangtua dengan cara memberikan dukungaan. Sikap Positif yang diberikan oleh orangtua dengan menyiapkan segala keperluan dan tempat bagi anak agar merasa aman dan nyaman serta ketika orangtua mendampingi anaknya saat sekolah online. Dari hasil penelitian penulis menganalisis bahwa keterbukaan terjadi karena adanya keresahan dari anak tentang sekolah online dan diungkapkan kepada orangtua terkhusus ibu. Empaty yakni perasaan yang diberikan orangtua kepada anak dengan mendampingi anaknya saat sekolah online. Sikap mendukung dari orangtua kepada anak dan membantu anak belajar dan mengerjakan tugas dari guru serta sikap positif dari orangtua kepada anak dengan menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan saat akan sekolah online. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni pengalaman komunikasi interpersonal orangtua dan anak di Perumahan BTN Kolhua Blok W RT 021/RW 006 Kelurahan Kolhua Kec. Maulafa – Kota Kupang tentang sekolah online pengalamanya dilihat dari keterbukaan, empaty, sikap mendukung dan sikap positif. Kata Kunci: Efektifitas komunikasi Interpersonal, Sekolah online, Orangtua dan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas komunikasi Interpersonal, Sekolah online, Orangtua dan anak.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom RICHARD EBENHEAZAR RIHI MIRA
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:19
Last Modified: 22 Feb 2024 06:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14973

Actions (login required)

View Item View Item