Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Prestasi Balajar Matematika Siswa SMP

DJETA, Medens Riwu (2024) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Prestasi Balajar Matematika Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (245kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe two stay two stray terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di UPTD SMPN 10 Takari tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa di kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan 20 siswa di kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen rata-rata pretest sebesar 50,25 dan rata-rata posttest sebesar 86,25. Pada kelas kontrol rata-rata pretest sebesar 40,5 dan rata-rata posttest sebesar 54,5. Hal ini diperoleh dari hasil analisis tes akhir kelas eksperimen diperoleh nilai signifikan yakni 0,165 dan analisis tes akhir kelas kontrol diperoleh nilai signifikan yakni 0,136 dengan demikian nilai untuk setiap model pembelajaran lebih besar dari taraf signifikan 0.05. Sehingga data tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan dari uji homogenitas bersifat homogen dimana nilai probabilitas signifikan yaitu 0,118 lebih besar dari taraf signifikan 0,05. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan teknik analisis statistik ANOVA diperoleh nilai probabilitas signifikan sebesar 0,000 dari nilai signifikan yang ditentukan sebesar 0,05 maka Hi diterima dan Hₒ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Medens Riwu Djeta
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:26
Last Modified: 23 Feb 2024 06:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15010

Actions (login required)

View Item View Item