Pemanfaatan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Di Kelurahan Batuplat Kecamatan Alak

GAWAS, Lasariani Sulastri (2024) Pemanfaatan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Di Kelurahan Batuplat Kecamatan Alak. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Lasariani Sulastri Gawas (31119020), program studi Ekonomi Pembangunan dibawah bimbingan Ibu Emiliana Martuti Lawalu, SE,ME dan Bapak Adrianus Ketmoen, SE,MM dengan judul “ Pemanfaatan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Di Kelurahan Batuplat Kecamatan Alak”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pemanfaatan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat oleh peserta penerima bantuan Dana PEM terhadap perkembangan usaha diKelurahan Batuplat? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pengembalian dana pemberdayaan ekonomi masyarakat di kelurahan Batuplat? (3) Bagaimana dampak pelaksanaan pemanfaatan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat terhadap peningkatan pendapatan masyarakat di Kelurahan Batuplat? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan program PEM dalam perkembangan usaha penerima Dana PEM di kelurahan Batuplat, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat tingkat pengembalian Dana PEM di Kelurahan Batuplat , (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak dari pemanfaatan Dana PEM terhadap peningkatan pendapatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dan data primer. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, wawancara dan observasi terkait dengan pemanfaatan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat terhadap peningkatan pendapatan masyarakat di kelurahan Batuplat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti selama kurang lebih 2 minggu melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada responden kemudian responden memberikan jawaban menurut pendapatnya tanpa ada paksaan dari siapupun, dapat diketahui bahwa walaupun masih ada yang gagal dalam mengembangkan usahanya karena beberapa kendala tetapi rata – rata masyarakat di Kelurahan Batuplat sudah memanfaatkan Dana PEM dengan baik dimana usaha yang mereka jalankan berkembang dan pendapatan masyarakat juga meningkat setelah adanya bantuan Dana PEM. Disini peran Kelurahan Batuplat dalam memberdayakan masyarakat melalui program Dana PEM dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ekonomi tentu itu memberikan dampak yang baik terhadap kesejahteraan masyarakat karena segala aspek yang dilakukan oleh kelurahan Batuplat tersebut tujuannya untuk memberdayakan masyarakat agar taraf hidupnya lebih baik dan sejahtera.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Program Dana PEM, Pendapatan Masyarakat, Kesejahteraan Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Lasariani Sulastri Gawas
Date Deposited: 26 Feb 2024 00:15
Last Modified: 26 Feb 2024 00:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15044

Actions (login required)

View Item View Item