Evaluasi Efektivitas Penerapan Aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) Dalam Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus Di Desa Benus Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara)

FALO, Yosefa Antia (2024) Evaluasi Efektivitas Penerapan Aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) Dalam Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus Di Desa Benus Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (449kB)

Abstract

Yosefa Antia Falo, NIM: 33119059, dengan judul skripsi “Evaluasi Efektivitas Penerapan Aplikasi SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa) Dalam Pengelolaan Keuangan Desa”. Ibu Dr. M. E. Perseveranda, SE, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Antonius Y.W. Timuneno, S.AKun.,M.S.A sebagai Pembimbing II. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana penerapan aplikasi siskeudes dan bagaimana efektivitas penerapan aplikasi siskeudes dalam pengelolaan keuangan desa di Desa Benus Kecamatan Naibenu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan aplikasi SISKEUDES dan efektivitas penerapan aplikasi SISKEUDES di Desa Benus Kecamatan Naibenu. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan aplikasi siskeudes dalam pengelolaan keuangan pada tahun 2015, Desa Benus mengalami transformasi signifikan dalam pengelolaan keuangan. Sebelumnya, kesulitan dalam penyajian laporan keuangan akibat sistem manual sering terjadi, namun telah berkurang drastis dengan sistem otomatis dan online SISKEUDES. Efektivitas aplikasi ini tercermin dari empat modul utama: Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, dan Pertanggungjawaban. Setiap modul berkontribusi dalam meningkatkan koordinasi, efisiensi, akurasi, dan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan keuangan desa. Selain itu, keberhasilan aplikasi SISKEUDES terlihat dari kompetensi operator dalam mengoperasikan sistem, dukungan sarana dan prasarana yang belum memadai, serta peningkatan kepuasan dalam pengelolaan keuangan desa. SISKEUDES berhasil menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat dan sesuai regulasi. Keseluruhan, aplikasi ini menunjukkan pencapaian target dan tujuan secara menyeluruh dalam pengelolaan keuangan desa di Benus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan aplikasi SISKEUDES, Efektivitas penerapan aplikasi SISKEUDS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak YOSEFA ANTIA FALO
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:12
Last Modified: 26 Feb 2024 02:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15066

Actions (login required)

View Item View Item