Studi Alternatif Desain Perkerasan Jalan Di Simpang Bersinyal Pulau Indah

LOBAIN, Ermilando (2024) Studi Alternatif Desain Perkerasan Jalan Di Simpang Bersinyal Pulau Indah. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (921kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

Akhir-akhir ini kita sering melihat banyak kendaraan yang berlalu lalang di jalan raya. Terkhususnya di simpang bersinyal pada ruas jalan Pulau Indah yang menyebabkan kerusakan jalan pada lokasi tersebut dikarenakan beban kendaraan dan fungsi drainase yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui faktor penyebab kerusakan jalan di simpang bersinyal pada ruas jalan Pulau Indah, dan Menentukan alternatif desain perkerasan yang tepat untuk perbaikan jalan di simpang bersinyal pada ruas jalan Pulau Indah. Metode penelitian ini menggunakan metode Surface Distress Index (SDI) Dalam penelitian ini data-data yang berhasil didapatkan berupa data primer dan data sekunder. Adapun data primer yang diperoleh dengan cara survei Survace Distress Index (SDI). Data volume LHR (Lalu lintas Hrian Rata-rata) diperoleh dengan cara survei volume lalu lintas selama empat hari dengan anggota surveyor berjumlah 6 orang yang terbagi dalam 3 titik survei dan masing-masing titik terdapat 2 orang surveyor dengan waktu survei dari pukul 07:00–12:00 WIT, lalu dilanjutkan lagi dari pukul 14:00–19:00 WIT. Sedangkan untuk data sekunder yang diperoleh adalah data perkembangan lalu lintas berupa data jumlah kendaraan di Kota Kupang selama 5 tahun terakhir dari tahun 2019-2023 didapat dari kantor SAMSAT Kota Kupang, Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan kondisi jalan yang masih baik terjadi pada segmen 2 dengan nilai SDI 0 , Sedangkan kondisi rusak berat terjadi pada segmen 1 dengan nilai SDI sebesar 173. Dari hasil perhitungan nilai SDI dapat dirumuskan bentuk tindakan yang perlu dilakukan untuk penanganan kerusakan pada masing-masing segmen jalan di simpang bersinyal Pulau Indah STA 0+000 s/d STA 0+200 sebagai bentuk pemeliharaan jalan dan antisipasi kerusakan jalan yang lebih parah. Penyelidikan tanah pada ruas jalan Pulau Indah dimulai dari STA 0+000 – STA 0+100 dilakukan untuk mendapatkan data kondisi tanah dasar berupa data CBR tanah dasar yang digunakan sebagai data untuk perencanaan tebal perkerasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Jalan, Drainase, SDI, LHR, Perkerasan Jalan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Ermilando Lobain
Date Deposited: 27 Feb 2024 01:22
Last Modified: 27 Feb 2024 01:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15108

Actions (login required)

View Item View Item