Pola Komunikasi Ibu Tunggal Dan Anak Remaja Dalam Keluarga (Studi Kasus Pada Keluarga Di Kelurahan Naimata RT 13 RW 05 Kota Kupang)

LAKE, Tatiana Marsela Lidwin Avoan (2023) Pola Komunikasi Ibu Tunggal Dan Anak Remaja Dalam Keluarga (Studi Kasus Pada Keluarga Di Kelurahan Naimata RT 13 RW 05 Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN HASIL PLAGIASI.pdf

Download (334kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Dan Anak Remaja Dalam Keluarga” (Studi Kasus Pada Keluarga Di Kelurahan Naimata RT 13 RW 05 Kota Kupang)” Pola Komunikasi pada Keluarga menarik diteliti karena dalam keluarga terdapat pertukaran informasi dan komunikasi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif, jenis penelitiannya Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan informan terdapat beberapa jenis pola komunikasi dalam keluarga yaitu : pola otoriter, pola membolehkan(permissive) dan pola komunikasi demokratis, di dalam keluarga telah dibuat pola komunikasi oleh ibu tunggal kepada anak-anak remajanya. Ibu tunggal mempunyai masing-masing pola komunikasi untuk diterapkan oleh anak remaja mereka. Ada lima kepala keluarga yang di kepalai oleh ibu tunggal, masing-masing dari ibu tunggal mempunyai pola komunikasi yang berbeda dalam keluarga.Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan yaitu pola komunikasi dalam keluarga ibu tunggal dan anak remaja belum berjalan dengan baik, ibu tunggal lebih banyak menggunakan pola membolehkan(permissive) terhadap anak remaja, belum ada tujuan atau maksud yang baik dalam pola komunikasi ibu tunggal dalam keluarga terhadap anak remaja. Peneliti juga memberi saran agar dapat memberikan dukungan yang baik kepada anak dalam melakukan tindakan dan memberikan arahan yang lebih baik untuk kelangsungan masa depan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Ibu Tunggal, Remaja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom TATIANA MARSELA LIDWIN AVOAN LAKE
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:08
Last Modified: 27 Feb 2024 06:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

View Item View Item