Peran Organisasi Disabilitas Community Based Rehabilitation Network Timor-Leste (CBRN-TL) Dalam Visi Mempromosikan Masyarakat Inklusif (Studi Kasus pada Organisasi CBRN-TL di Desa Fatuhada, Distrik Dili, Timor-Leste)

PINTO, Simão Vicente De Deus Soares (2024) Peran Organisasi Disabilitas Community Based Rehabilitation Network Timor-Leste (CBRN-TL) Dalam Visi Mempromosikan Masyarakat Inklusif (Studi Kasus pada Organisasi CBRN-TL di Desa Fatuhada, Distrik Dili, Timor-Leste). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (56kB)
[img] Text
Daftar Pustaka & Surat Keterangan Cek Plagiasi.pdf

Download (301kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Organisasi Disabilitas Community Based Rehabilitation Network Timor-Leste (CBRN-TL) Dalam Visi Mempromosikan Masyarakat Insklusif” (Studi Kasus Pada Organisasi CBRN-TL di Desa Fatuhada, Distrik Dili, Timor-Leste). Alasan memilih judul ini berdasarkan hasil observasi peneliti. Peneliti melihat bahwa organisasi disabilitas CBRN-TL berusaha keras untuk menuarakan tentang inklusifitas di masyarakat Timor-Leste. Masyarakat inklusif didefinisikan sebagai semua penduduk di wilayah tertentu yang berbagi tanggung jawab untuk bekerja sama dalam menyediakan fasilitas, layanan, dan dukungan agar setiap orang dapat memenuhi kebutuhan mereka, melaksanakan komitmen mereka, dan mendapatkan hak yang sama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Studi Kasus, dan menurut hasil penelitian CBRN-TL hadir untuk membangun mental penyandang disabilitas, LGBT, perempuan, anak kecil dan masyarakat untuk memahami dan menerapkan inklusif dalam kehidupan sehari-sehari dimanapun dan dalam kegiatan apapun sesuai visinya dengan cara memberi informasi melalui media dan secara langsun di masyarakat untuk menyadarkan mesyarakat agar bisa menerapkan inklusif di kehidupan sehari-hari sesuai tiga indikator yang telah ditentukan meurut penetili, yaitu: Memberi Informasi. Dalam menjalani visi organisasi CBRN-TL untuk mempromosi masyarakat inklusif, informasi adalah hal penting agar bisa menyampaikan tujuan dan maksud organisasi terhadap masyarakat tentang apa saja yang dimaksud oleh kata inklusif. Menjadi Jembatan. CBRN-TL hadir di tenggah masyarakat untuk menjadi jembatan antara kelompok disabilitas dan masyarakat umum untuk memberi pemahamam agar bisa saling menerima dan tidak ada lagi diskriminasi antara satu sama lain. Memberi Pelatihan. Pentingnya pelatihan untuk bisa saling menerima dalam kegiatan apa-pun, dan tidak ada lagi diskriminasi terhadap masyarakat disabilitas. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah CBRN-TL memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadarana manusiawi pada masyarakat, pengetahuan dan keterampilan masyarakat inklusif melalui informasi, menjebatani dan memberi pelatihan kepada masyarakat umumnya tentang makna dari masyarakat inklusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Disabilitas, Inklusif, CBRN-TL
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Simão Vicente de Deus Soares Pinto
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:44
Last Modified: 28 Feb 2024 01:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15165

Actions (login required)

View Item View Item