Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga Dan Interior Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Coop Mart Sumber Terang Di Perumnas Kota Kupang

LAJAR, Yoseph Aristo (2019) Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga Dan Interior Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Coop Mart Sumber Terang Di Perumnas Kota Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)

Abstract

Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, dan Interior Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Coop Mart Sumber Terang di Perumnas Kota Kupang” dibawah bimbingan Dra. Sukamti, MM Selaku Pembimbing I dan Anggraeny Paridy, SE.M.Si selaku Pembimbing II. Penelitian dilakukan di Coop Mart Sumber Terang di Perumnas Kota Kupang, karena menurunnya jumlah penjualan, yang diduga karena kurangnya kelengkapan produk yang dijual dan estimasi harga yang tidak berimbang, sehingga mengurangi loyalitas pelanggan. Selain itu, interior juga diduga membuat pelanggan tidak loyal terhadap Coop Mart. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi pelanggan tentang kelengkapan produk, harga, dan interior dan gambaran loyalitas pelanggan pada Coop Mart Sumber Terang di Perumnas Kota Kupang? 2) Apakah kelengkapan produk, harga, dan interior secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Coop Mart Sumber Terang di Perumnas Kota Kupang? 3) Apakah kelengkapan produk, harga, dan interior secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Coop Mart Sumber Terang di Perumnas Kota Kupang?. Populasi sebayak 856, jumlah sampel ditentukan dengan rumus populasi 856 dibagi dengan 1 ditambah dengan batas toleransi kesalahan 10% atau 0,102 sama dengan 100. Pengambilan sampel menggunakan metode Aksidental Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel kelengkapan produk sebesar 75,8%, variabel harga sebesar 78,1%, variabel interior sebesar 80,65%, dan variabel loyalitas pelanggan sebesar 73,7% dikategori tinggi. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 0,229X1 + 0,628X2 - 0,373X3 . Hasil Uji t menunjukkan variabel kelengkapan produk, harga dan interior secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dikarenakan nilai signifikan lebih kecil dari nilai alfa (0,05). Hasil Uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kelengkapan produk, harga dan interior berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan lebih kecil dari nilai alfa (0,05). Nilai koefisien determinan (R2) yang dihasilkan sebesar 0,589 yang menjelaskan bahwa besaran kontribusi pengaruh variabel kelengkapan produk, harga dan interior terhadap loyalitas pelanggan sebesar 58,9% sedangkan sisanya sebesar 41,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Coop Mart,agar meningkatkan ketersediaan produk, membenahi daya saing harga dan memperhatikan desain interior untuk merangsang emosional dan persepsi pelanggan, agar bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan Produk, Harga, Interior, Loyalitas Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 01 Feb 2020 02:42
Last Modified: 01 Feb 2020 02:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item