Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) Dan Return On Assets (ROA) Terhadap Nilai Perusahaan Pada PT. Airasia Indonesia, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2021

KEY, Oktovianus (2024) Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) Dan Return On Assets (ROA) Terhadap Nilai Perusahaan Pada PT. Airasia Indonesia, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (161kB)

Abstract

Oktovianus Key (32118093) dengan judul penelitian “Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) Dan Return on Assets (ROA) Terhadap Nilai Perusahaan Pada PT. AirAsia Indonesia, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2021”, dibawah bimbingan Bapak Dr. Stanis Man SE, M.si sebagai Pembimbing I dan Ibu Maria B. M. G. Wutun, SE, MM sebagai Pembimbing II. Usaha dalam Meningkatkan nilai perusahaan merupakan suatu hal yang penting, sebab merupakan hubungan serta tanggapan terhadap prospek perusahaan oleh investor dan kreditur. Nilai perusahaan yang ada dapat memberi manajemen wawasan tentang persepsi investor, tentang kinerja masa lalu dan prospek masa depan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran serta pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Asset (ROA) secara parsial dan simultan terhadap Nilai Perusahaan pada PT. AirAsia Indonesia, Tbk periode 2012-2021. Penelitian ini dilakukan pada PT. AirAsia Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan waktu penelitian dimulai dari bulan September 2022 sampai dengan Juni 2023. Pengumpulan data menggunakan cara dokumentasi yaitu mengumpulkan data laporan keuangan pada PT. AirAsia Indonesia, Tbk tahun 2012-2021 melalui www.idx.co.id. Analisis data yaitu metode analisisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program SPSS Statistic Version 24. Hasil analisis statistik menggambarkan bahwa dari hasil Uji t menunjukan bahwa variabel Debt to Equity Ratio (DER) memiliki taraf signifikan sebesar 0,000 atau lebih kecil dari tingkat alfa 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Nilai perusahaan PT. AirAsia Indonesia,Tbk periode 2012-2021. Sedangkan variabel Return on Asset (ROA) memiliki taraf signifikan 0,238 atau lebih besar dari tingkat alfa 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Return on Asset (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai perusahaan PT. AirAsia Indonesia, Tbk periode 2012-2021. Hasil Uji f menunjukan bahwa variabel Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Asset (ROA) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada PT. AirAsia Indonesia Tbk, periode 2012-2021. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dijelaskan maka disarankan kepada manajemen PT. AirAsia Indonesia Tbk, agar dapat meningkatkan hasil DER dan ROA. Peningkatan hasil ini dapat dilakukan dengan menggunakan aset, hutang dan meningkatkan penjualan yang dimiliki perusahaan secara efektif sehingga perputaran aset, penggunaan hutang dan penjualan dapat memberikan kemungkinan meningkatnya kinerja keuangan perusahaan yang berupa keuntungan (laba).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA), Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Oktovianus Key
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:48
Last Modified: 28 Feb 2024 01:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15170

Actions (login required)

View Item View Item