Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2022

EFFENDIE, Jessica (2024) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2022. Masters thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & SURAT KET BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif yang terdaftar Di BEI Tahun 2018-2022” oleh Jessica Effendie NIM: 811211023, di bawah bimbingan, Dr. Henny A. Manafe., MM dan Drs. Ec. Sabinus Hatul, MM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perkembangan ukuran perusahaan, struktur modal, profitabilitas, kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; (2) Mengetahui signifikansi pengaruh dari ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; (3) Mengetahui signifikansi pengaruh dari struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; (4) Mengetahui signifikansi pengaruh dari profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; (5) Mengetahui signifikansi pengaruh dari kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan; (6) Mengetahui kebijakan dividen mampu memoderasi secara signifikan pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; (7) Mengetahui kebijakan dividen mampu memoderasi secara signifikan pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; (8) Mengetahui kebijakan dividen mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 12 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata ukuran perusahaan, struktur modal, profitabilitas, kebijakan dividen dan nilai perusahaan mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Hasil uji statistik inferensial menunjukkan bahwa; (1) Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, strukur modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak berpengaruh siginifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen mampu memoderasi pengaruh secara signifikan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan sedangkan kebijakan dividen tidak mampu memoderasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Keuangan Perusahaan
Depositing User: M.M Jessica Medeline Effendie
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:12
Last Modified: 29 Feb 2024 06:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15190

Actions (login required)

View Item View Item