Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Sikap Ilmiah Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Materi Pokok Getaran Harmonis Pada Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

RAGHO, Maria Agustina (2019) Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Sikap Ilmiah Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Materi Pokok Getaran Harmonis Pada Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II..pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB III..pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (26kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar dan sikap ilmiah menggunakan model pembelajaran Creatif problem solving dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization materi pokok getaran harmonis pada peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMAN 1 Kupang? Secara speseifik, masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Creatif problem solving dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization materi pokok getaran harmonis pada peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMAN 1 Kupang Timur tahun ajaran 20018/2019? 2) apakah ada peningkatan hasil belajar kognitif pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Creatif problem solving dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization materi pokok getaran harmonis pada kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMAN 1 Kupang timur? 3) apakah ada peningkatan sikap ilmiah pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Creatif problem solving dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization materi pokok getaran harmonis pada kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMAN 1 Kupang timur? Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMAN 1 Kupang timur berjumlah 60 peserta didik. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, angket dan observasi. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskkriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Kemampuan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Creatif problem solving dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization materi pokok getaran harmonis pada peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMAN 1 Kupang Timur yang meliputi: perencanaan pembelajaran dengan persentasi rata-rata 98%, pelaksanaan pembelajaran dengan pesentasi rata-rata 93%, dan penutup pembelajaran dalam kategori baik dengan pesentasi rata-rata 94% dan ketiganya termasuk kategori baik. (2). Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah pembelajaran menggunakan model CPS dan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan kategori sedang yakni pada kelas CPS adalah 0,47 dan pada kelas TAI adalah 0,55. (3) Terdapat peningkatan sikap ilmiah peserta didik setelah pembelajaran menggunakan model CPS dan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan tinggi yakni pada kelas CPS adalah 0,71 dan pada kleas kontrol adalah 0,70.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Pembelajaran Creatif Problem Solving, HasilBelajar Kognitif, Sikap Ilmiah, Getaran Harminis, Deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:04
Last Modified: 03 Feb 2020 03:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item View Item