Pengaruh Perbedaan Produksi Minimum Antara Alat Dan Tenaga Kerja Terhadap Waktu Penyelesaian, Biaya Proyek Dan Keuntungan

ANGUL, Aurelia Lete (2024) Pengaruh Perbedaan Produksi Minimum Antara Alat Dan Tenaga Kerja Terhadap Waktu Penyelesaian, Biaya Proyek Dan Keuntungan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (624kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (156kB)

Abstract

Proyek merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dikerjakan secara terperinci dalam waktu terbatas untuk mencapai tujuan tertentu dimasa yang akan datang. Proyek selalu berhubungan dengan biaya dan sumber daya. Hal ini dikarenakan sumber daya merupakan faktor penentu dalam keberhasilan suatu proyek. Sumber daya yang dimaksud yaitu manusia (man), peralatan (machines/equipment), material (materials), uang (money), dan waktu (Time). Dalam pelaksanaannya baik tenaga kerja maupun peralatan tidak bekerja sendiri melainkan bersama - sama walaupun produksi yang dihasilkan dari setiap sumber daya tersebut berbeda. Oleh sebab itu produksi yang paling mungkin dilakukan bersama - sama adalah produksi yang paling kecil (minimum). Adapun tujuan dari penyusunan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perbedaan produksi minimum antara alat dan tenaga kerja terhadap waktu penyelesaian. biaya proyek dan keuntungan. Waktu penyelesaian untuk item pekerjaan lapis resap pengikat - aspal cair, waktu penyelesaian menurut tenaga kerja dan alat adalah 0,83 hari dan produksi minimum yang digunakan adalah 10.000 liter, sedangkan menurut produksi minimum alat waktu penyelesaiannya adalah 0,47 hari dan produksi minimum yang digunakan adalah 17.500 liter. Hal ini menunjukkan terjadi perbedaan waktu penyelesaian sebesar 0,35 hari sehingga menyebabkan penurunan sebesar 0,43%. Dapat dilihat perbedaan total dari biaya proyek berdasarkan data RAB, tenaga kerja, Alat dan persamaan total biaya proyek antara tenaga kerja dan tenaga kerja dan alat. Dimana biaya proyek menurut data RAB lebih kecil dari biaya proyek menurut tenaga kerja, alat serta tenaga kerja dan alat. Biaya proyek menurut data RAB Rp 3.471.049.681,05 dan biaya proyek menurut tenaga kerja Rp 3.662.653.913,29 , biaya proyek menurut alat Rp 3.661.997.670, biaya proyek menurut tenaga kerja dan alat yaitu Rp 3.662.653.913,29. Keuntungan berdasarkan data RAB lebih besar dari keuntungan berdasarkan produksi tenaga kerja, alat, serta tenaga kerja dan alat. Keuntungan awal menurut data RAB adalah Rp 337.328.068,10 dan keuntungan menurut produksi minimum tenaga kerja adalah Rp 145.723.835,86 terjadi penurunan keuntungan sebesar -56,80% dari keuntungan awal berdasarkan data RAB. Dengan melihat hasil analisa dan kesimpulan maka disarankan ketika menghitung waktu penyelesaian, biaya proyek, dan keuntunga pada masing -masing item pekerjaan perlu memperhatikan produksi dari sumber daya yang ada dan variabel-variabel pembentuk produksi agar tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Produksi Minimum, Waktu Penyelesaian, Biaya Proyek, Keuntungan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Aurelia Lete Angul
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:31
Last Modified: 29 Feb 2024 06:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15200

Actions (login required)

View Item View Item