Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Selisih Anggaran Pendapatan Dan Biaya Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Belu

KLAU, Ana Omega Trisonia Derosari (2024) Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Selisih Anggaran Pendapatan Dan Biaya Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Belu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB)

Abstract

Ana Omega Trisonia Derosari Klau, NIM : 33119189, dengan judul skripsi “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Selisih Anggaran Pendapatan dan Biaya Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma kabupaten Belu”, dibawah bimbingan Ibu Dr. M. E. Perseveranda, SE., M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Leopold M. T. Dawu, SE., M.M selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Belu yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya selisih antara anggaran dengan realisasi pendapatan serta biaya patahun 2020-2022, dan upaya-upaya dilakukan oleh PDAM Tirta Dharma untuk mengurangi selisih tersebut. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya selisih anggaran dengan realisasi pendapatan dan biaya terdiri dari faktor-faktor internal dan faktor eksternal. Upaya-upaya yang sudah dilakukan PDAM Tirta Dharma untuk mengatasi adanya selisih anggaran dengan realisasi tersebut adalah mencadangkan dana, melakukan upaya untuk meningkatkan pembayaran tagihan, menghapus pelanggan-pelanggan yang sudah tidak mungkin membayar dan meningkatkan kualitas manajemen. Dengan demikian disarankan kepada pihak PDAM Tirta Dharma Kabupaten Belu untuk lebih rutin melakukan promosi, menaikan harga jual air, dilakukan pemeliharaan lebih rutin terhadap instalasi transmisi dan distribusi, dan harus lebih teliti dalam melakukan penyusunan anggaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Selisih Anggaran, Realisasi Pendapatan dan Realisasi Biaya
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak ANA OMEGA TRISONIA DEROSARI KLAU
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:47
Last Modified: 29 Feb 2024 06:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15208

Actions (login required)

View Item View Item