Partisipasi Mayarakat Dalam Ritual Roga Oleh Suku Kaesmetan Di Desa Netemnanu Utara Kecamatan Amfoang Timur Kabupaten Kupang

TAUBNAJ, Getrudis Maunu (2024) Partisipasi Mayarakat Dalam Ritual Roga Oleh Suku Kaesmetan Di Desa Netemnanu Utara Kecamatan Amfoang Timur Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Partisipasi Masyarakat Dalam Ritual Roga oleh Suku Kaesmetan Di Desa Netemnanu Utara Kecamatan Amfoang Timur Kabupaten Kupang”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam ritual Roga oleh suku Kaesmetan di desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, kabupaten Kupang. Menggunakan metode penelitian penelitian lapangan dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan empat indikator partisipasi masyarakat menurut Meronda M (2021),yaitu; partisipasi dalam pengambilan keputusan/perencanaan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam pemantauan/evaluasi dan partisipasi dalam pemanfaatan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ritual Roga adalah ritual yang dilakukan suku Kaesmetan untuk meminta/menginginkan hujan. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan ritual Roga tidak dapat dilakukan oleh semua orang, partisipasi dalam pelaksanaan ritual Roga hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang telah mempersiapkan diri secara pribadi melakukan puasa, meditasi dan novena. Oleh karena itu, penulis dapat menyimpulkan bahwa ada dua hal yang terlibat dalam suku Kaesmetan, yaitu yang pertama; Partisipasi masyarakat suku Kaesmeta dalam ritual Roga meliputi perencanaan/pengambilan keputusan, pelaksanaan, evaluasi dan pemanfaatan hasil; kedua, nilai-nilai yang terkandung dalam Roga mempengaruhi partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Mayarakat, Ritual Roga , Suku Kaesmetan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Getrudis Maunu Taubnaj
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:17
Last Modified: 01 Mar 2024 02:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item View Item