Analisis Penilaian Kinerja Manajemen Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada UPTD. SAMSAT Kabupaten Timor Tengah Utara

LEDJEPEN, Fransiska Prada Golang (2024) Analisis Penilaian Kinerja Manajemen Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada UPTD. SAMSAT Kabupaten Timor Tengah Utara. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (633kB)

Abstract

Skripsi ini, ditulis oleh Fransiska Prada Golang Ledjepen NIM 33119156, dengan judul “ Analisis Penilaian Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada UPTD.SAMSAT Kabupaten Timor Tengah Utara. Dibawah bimbingan Dosen pembimbing I Dr. Stanis Man, SE., M.Si dan Dosen Pembimbing II Maria Goreti Malut, SE., MM. Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana kinerja UPTD.SAMSAT Kabupaten Timor Tengah Utara yang diukur menggunakan Balanced Scorecrard dengan menggunakan 4 perspektif yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknis pengumpulan data dokumentasi dan kuisioner dengan accidental random sampling Analisis data dilakukan dengan pendektan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan Balanced Scorecard menunjukkan hasil dari perspektif keuangan rasio ekonomis tahun 2020 95,16% , 2021 94,21%, 2022 98,90% tergolong ekonomis dan rasio efisien tahun 2020 11,6% , 2021 10,21% , 2022 9,72 terglonh efisien namun pada rasio efektivitas tahun 2020 81,56% , 2021 60,71% , 2022 52,47% masih tergolong belum efektif. Menunjukkan bahwa UPTD.SAMSAT Kabupaten Timor Tengah Utara masih harus meningkatkan target pendapatan. Perspektif pelanggan dalam penyebaran kuisioner kepuasaan pelanggan/ wajib pajak UPTD. SAMSAT Kabupaten Timor Tengah Utara telah memberikan pelayanan yang memuaskan kepada wajib pajak. Perspektif Proses Bisnis Internal fasilitas kantor sudah lengkap dan memadai, waktu layanan tergolong baik. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran pegawai merasa sangat puas dengan kemampuan, motivasi, namun pada system jaringan pegawai masih merasa kurang puas karena biasa mengalami kendala jaringan. Dengan demikian, saran dari peneliti agar UPTD. SAMSAT Kabupaten Timor Tengah Utara untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar kedepan pelayanannya sangat memuaskan kepada wajib pajak di masa mendatang dan system jaringan diperbaiki agar ada peningkatan pendapatan ke tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Fransiska Prada Golang Ledjepen
Date Deposited: 04 Mar 2024 00:36
Last Modified: 04 Mar 2024 00:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15255

Actions (login required)

View Item View Item