Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Yang Dirancang Dalam Sistem Lesson Study Of Learning Community Pada Siswa Kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

ASA, Emilia Piadade (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Yang Dirancang Dalam Sistem Lesson Study Of Learning Community Pada Siswa Kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (324kB)

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektivitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 meliputi: a) kemampuan guru mengelola pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dalam sistem Lesson study of learning community b) Ketuntasan Indikator hasil belajar pengetahuan dan keterampilan c) ketuntasan hasil belajar pengetahuan d) ketuntasan belajar keterampilan. 2) Mengetahui keterlaksanaan Sistem Lesson study of learning community (3) Mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 (4) Mengetahui keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 (5) Mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 (6) Mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah dengan hasil belajar keterampilan yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 (7) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 (8) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terh adap hasil belajar keterampilan yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) Efektivitas penerapan yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 meliputi: a) kemampuan guru mengelola pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dalam sistem Lesson study of learning community sebesar 3,64 dan 3,85. (b) ketuntasan indikator sebesar 0,87 (c) ketuntasan hasil belajar meliputi: ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan (KI 3) sebesar 85 dan ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan (KI 4) sebesar 84 dan rata-rata hasil belajar secara keseluruhan adalah 84,6. (2) Sistem Lesson study of learning community dikatakan terlaksana dengan rata-rata tahap plan, do dan see sebesar 3,95, 3,875 dan 3,875 (3) Kecerdasan emosional siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang bagus dengan persentase 79,3% (4) Keterampilan Pemecahan siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 81. (5) Hubungan kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah dengan hasil belajar pengetahuan yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,81 (6) Hubungan kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah dengan hasil belajar keterampilan yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dinyatakan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,79 (7) Pengaruh kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dinyatakan dengan persamaan regresi ganda = 17,8856 + 0,3673X1 + 0,4569X2 (8) Pengaruh kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar keterampilan yang menerapkan pendekatan scientific yang dirancang dalam sistem lesson study of learning community pada siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda = 0,0033+ 0,1316X1 + 0,8843X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Lesson study of learning community, Kecerdasan Emosional, Keterampilan Pemecahan Masalah, Hubungan Dan Pengaruh Variabel, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:35
Last Modified: 03 Feb 2020 03:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item