Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Menilai Kinerja Keuangan Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) S. K. Lerik Kota Kupang

DAJUM, Albertiana Susilo (2024) Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Menilai Kinerja Keuangan Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) S. K. Lerik Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (483kB)

Abstract

Albertiana Susilo Dajum 33119172 dengan judul skripsi “ Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Menilai Kinerja Keuangan Di Rumah Sakit Umum Daerah S. K. Lerik Kota Kupang”. Di bawah bimbingan Ibu Dr. M.E. Perseveranda, SE.,M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Antonius Y.W. Timuneno, S.Akun.,M.S.A selaku dosen pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja keuangan RSUD S. K. Lerik Kota Kupang, dan Apakah Kinerja Keuangan Telah berkontribusi Dalam Keputusan Strategis Di RSUD S. K. Lerik Kota Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetetahui kinerja keuangan RSUD S. K. Lerik Kota Kupang dan untuk mengetahui kontribusi kinerja keuangan dalam membentuk keputusan keputusan strategis di RSUD S.K. Lerik Kota Kupang. Penelitian dilaksanakan pada RSUD S. K. Lerik Kota Kupang Metode yang digunakan adalah dengan menghitung nilai rasio keuangan yang terdiri dari rasio kas, rasio lancar, periode penagihan piutang, rasio perputaran aktiva tetap, rasio ekuitas, perputaran persediaan, rasio PNBP terhadap biaya operasional. Dan nilai kinerja keuangan menurut peraturan Dirjen Jenderal Perbendaraan No Per- 36 / PB / 2016. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan RSUD S.K.Lerik Tahun 2020 mendapatkan hasil capaian kinerja tahun 2020 3,68% menandakan kriteria RSUD S. K. Lerik berada pada kriteria CC (Buruk). Pada level diantara 2,85 ≤ TS ≤ 6,65. Tahun 2021 mendapatkan hasil capaian kinerja tahun 2021 3,87% menandakan kriteria RSUD S. K. Lerik berada pada kriteria CC (Buruk). Pada level diantara 2,85 ≤ TS ≤ 6,65 . Tahun 2022 mendapatkan hasil capaian kinerja tahun 2022 4% menandakan kriteria RSUD S. K. Lerik berada pada kriteria CC (Buruk). Pada level diantara 2,85 ≤ TS ≤ 6,65. Dalam analisis data selama periode 3 tahun yaitu tahun 2020-2022 menandakan kriteria RSUD S.K.Lerik berada pada kriteria CC (Buruk). Di level diantara 2,85 ≤ TS ≤ 6,65. Kemudian penilain kinerja keuangan dapat kita lihat pada tahun terakhir yaitu berada pada skor 4% dan kriteria CC (Buruk) berada pada interval 2,85 ≤ TS ≤ 6,65. Yang menandakan kinerja keuangan Rumah Sakit Umum Daerah S. K. Lerik kurang baik. Dilihat dari hasil data analisis rasio keuangan selama 3 tahun kinerja rumah sakit bernilai kurang baik dengan hasil seperti ini rumah sakit sangat sulit untuk membuat keputusan kontribusi. Seperti yang dikatakan oleh ibu vani rumah sakit membuat kontribusi jika mengalami keuntungan. Membuat kotribusi dirumah sakit sangatlah bagus merupakan salah satu tujuan utama rumah sakit. Untuk disarankan kepada pihak RSUD S. K. Lerik dengan adanya perhitungan kinerja keuangan ini untuk kiranya memperhatikan kinerja keuangan harus meningkatkan kinerja keuangan dan tata kelola keuangan yang lebih baik lagi, sehingga dapat mengembangkan RSUD S. K. Lerik kearah yang lebih baik lagi kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BLUD Laporan Keuangan, Rasio Keuangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Albertiana Susilo Dajum
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:36
Last Modified: 04 Mar 2024 03:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item View Item