Pengaruh Ketelitian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Melalui Lesson Study For Learning Community Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MOOLI, Amehsti (2019) Pengaruh Ketelitian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Melalui Lesson Study For Learning Community Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (378kB)
[img] Text
2 BAB I pdf.pdf

Download (235kB)
[img] Text
3 BAB II pdf.pdf

Download (841kB)
[img] Text
4 BAB III pdf.pdf

Download (676kB)
[img] Text
5 BAB IV pdf.pdf

Download (885kB)
[img] Text
6 BAB V pdf.pdf

Download (155kB)

Abstract

Lesson study merupakan suatu sistem pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan pada prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui tiga tahapan yakni perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do) dan refleksi (See). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran melalui sistem Lesson Study for Learning Community dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui bagaimana keterlaksanaan Lesson Study for Learning Community dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus tahun ajaran 2018/2019 (3) Mengetahui bagaimana ketelitian peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus tahun ajaran 2018/2019 (4) Mengetahui bagaimana kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus tahun ajaran 2018/2019 (5) Mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan melalui sistem Lesson Study for Learning Community dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus tahun ajaran 2018/2019 (6) Mengetahui adakah pengaruh yang signifikan ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan melalui sistem Lesson Study for Learning Community dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus tahun ajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing melalui sistem LSLC efektif pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI SMAK Sint Carolus Kupang (2) Ketelitian peserta didik kelas XI SMAK Sint Carolus Kupang termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata kerjasama sebesar 81,2 (3) Kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas XI SMAK Sint Caeolus Kupang termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata- rata 81,92 (4) Adanya hubungan yang signifikan antara ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel dengan hasil belajar pengetahuan melalui sistem Lesson Study for Learning Community dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,923 dan nilai koefisien determinansi (D) = 85,2%, serta nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 77,672 ≥ 3,330 (5) Adanya hubungan yang signifikan antara ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel dengan hasil belajar keterampilan melalui sistem Lesson Study for Learning Community dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,866 dan nilai koefisien determinansi (D) = 74,9%, serta nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 40,494 ≥ 3,330 (6) Adanya pengaruh yang signifikan ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel dengan hasil belajar pengetahuan melalui sistem Lesson Study for Learning Community dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus tahun ajaran 2018/2019, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 7,14 + 0,5009(X1) + 0,5313(X2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 71,673 ≥ 3,39 (7) Adanya pengaruh yang signifikan ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel dengan hasil belajar keterampilan melalui sistem Lesson Study for Learning Community dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus tahun ajaran 2018/2019, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar keterampilan peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 6,572 + 0,459(X1) + 0,583(X2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 39,315 ≥ 3,39.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketelitian, Kemampuan Identifikasi Variabel, Lesson Study Learning Community, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Pengetahuan, Hasil Belajar Keterampilan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:41
Last Modified: 03 Feb 2020 03:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item