Pengaruh Ketelitian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Lerning Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MAPADA, Febe Ester (2019) Pengaruh Ketelitian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Lerning Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1. COVER SKIPSI.pdf

Download (471kB)
[img] Text
2. BAB I EBE.pdf

Download (160kB)
[img] Text
3. BAB II EBE.pdf

Download (418kB)
[img] Text
4. BAB III EBE.pdf

Download (313kB)
[img] Text
5. BAB IV EBE.pdf

Download (467kB)
[img] Text
6. BAB V EBE.pdf

Download (159kB)

Abstract

Ketelitian adalah kemampuan siswa mengungkapkan kemampuan dalam menalar menggunakan atau memanipulasi relasi dan menguraikan secara logis. Kemampuan Identifikasi Variabel adalah kemampuan siswa dalam mencari, menentukan, meneliti, menemukan variabel- variabel yang ada dalam suatu pernyataan tertulis atau dari deskripsi suatu eksperimen. Pendekatan Discovery Learning adalah belajar dan menemukan sendiri, dalam sistem belajar mengajar, guru menyajikan bahan pelajaran tidak dalam bentuk final, tetapi siswa diberikan peluang untuk mencari dan menemukannya sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana ketelitian siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupangtahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Mengetahui ketelitian siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (3) Mengetahui kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (5)Mengetahui ada tidaknya pengaruh ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek ketrampilan (KI 4), soal tes ketelitian dan soal tes kemampuan identifikasi variabel. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan discovery learning efektif terhadap materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) ketelitian siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 sangat tinggi dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 82,72. (3) Kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 81,97. (4) Ada hubungan yang signifikan antara ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi ganda sebesar rx1x2y1 = 0,600, nilai Fhitung > Ftabel yakni 12,550 > 3,285 dan nilai rx1x2y2 sebesar 0,766, nilai Fhitung > Ftabel yakni 6,514 > 3,285. (5) Ada pengaruh yang signifikan antara ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan garis regresi ganda Ŷ1= 31,4168+ 0,4422X1 + 0,208X2, nilai Fhitung > Ftabel yakni 12,550 > 3,285 dan Ŷ2= 71,532 + 0,4055X1 + 10,027X2, nilai Fhitung > Ftabel yakni 6,514 > 3,285.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketelitian, Kemampuan Identifikasi Variabel, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar Pengetahuan, Hasil Belajar Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:54
Last Modified: 03 Feb 2020 03:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item