Upaya Peningkatan Ansambel Gitar (Melodi, Arpegio, Bass) Pada Mahasiswa Semester IV Minat Gitar Program Studi Pendidikan Musik Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Dengan Lagu Model “Kokoro No Tomo” Melalui Metode Kooperatif

KAWAMASI, Megi Indriani (2019) Upaya Peningkatan Ansambel Gitar (Melodi, Arpegio, Bass) Pada Mahasiswa Semester IV Minat Gitar Program Studi Pendidikan Musik Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Dengan Lagu Model “Kokoro No Tomo” Melalui Metode Kooperatif. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penguasaan terhadap alat musik gitar merupakan suatu tuntutan umum yang harus dipenuhi oleh masing-masing mahasiswa.Keterampilan dalam memainkan gitar,serta penguasaan teori musik dasar gitar menjadi salah satu permasalahan yang sangat mendasar, dan kerap kali kurang diperhatikan oleh masing-masing mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penggunaan metode kooperatif dalam upaya peningkatan permainan gitar secara berkelompok pada Mahasiswa minat gitar Program Studi Sendratasik dengan lagu model “kokoro No Tomo”. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif,dan metode yang digunakann yaitu metode tindakan lapangan. Untuk memperoleh data,peneliti menggunakan teknik obsesrvasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan upaya permainan gitar secara kelompok pada intrumen gitar ini dilakukan melalui 3 tahap yakni, tahap awal perekrutan anggota pemain gitar dan penentuan jadwal latihan,tahap inti latihan teknik petikan, dan arpegio, dilanjutkan dengan latihan lagu model mulai dari Intro, lagu pokok, reffrein , yaitu pementasan permainan gitar secara kelompok. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah permainan gitar secara kelompok pada instrumen gitar ini dapat mengembangkan kemampuan Mahasiwa- mahasiswi dalam permainan alat musik gitar. Dalam penerapan pembelajaran ini dapat dikatakan berhasil karena latihan permainan gitar secara kelompok pada instrumen gitar berjalan dengan baik, serta para Mahasiswa minat gitar memainkan dan mementaskan lagu “Kokoro No Tomo”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran permainan gitar secara kelompok ini membawa perubahan pada keterampilan Mahasiswa dalam bermain alat musik gitar. Melalui metode kooperatif ini diharapkan dapat membantu para Dosen mata kulia gitar dalam memberikan mata kulia gitar pada mahasiswa agar dapat mencapai hasil maksimal sesuai tuntutan kurikulum dan juga dapat membantu Mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan dihari esok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gitar secara kelompok,metode kooperatif ,Lagu “kokoro No Tomo”
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:00
Last Modified: 03 Feb 2020 04:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item