Pengaruh Sikap Santun Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Peserta Didik Kelas X IPA 4 SMA NEGERI 7 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

OKI, Vinsensia Oni (2019) Pengaruh Sikap Santun Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Peserta Didik Kelas X IPA 4 SMA NEGERI 7 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (321kB)

Abstract

Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstuksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep,hukum atau prinsip yang“ditemukan”. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana efektifitas penerapan standar proses pelaksanaan pembelajaran kimia terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2)Bagaimana sikap santun peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan pemecahan masalahpeserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini adalah (1)Mengetahui efektifitas penerapan standar proses pelaksanaan pembelajaran kimia terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Mengetahui sikap santun peserta didikkelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019.(3) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dari Analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang (2) Sikap santun peserta didik kelas XIPA 4 SMA Negeri 7 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 84 (3) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 79 (4) Adanya hubungan antara sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,8695 dan nilai koefisien determinasi (D)= 13,94% serta nilai ≥ atau 12,5≥ 3,31(5)Adanya pengaruh antara sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Membandingkan nilai FHitung dengan Ftabel, kemudian simpulkan. Karena FHitung ≥ Ftabel yakni 95190,51≥ , maka tolak H0 artinya Ada pengaruh yang signifikan antara sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Santun, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan inkuiri terbimbing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:06
Last Modified: 03 Feb 2020 04:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item