Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 8 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

.KBELE, Sofia Bensia L.H (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 8 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1.ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (186kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (100kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa masalah yaitu rendahnya hasil belajar IPA Terpadu peserta didik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kehadiran yang rendah dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan kurang serius atau tekun dalam belajar sehingga dapat menyebabkan hasil belajar peserta didik masih rendah. Namun guru selalu berupaya dengan mencoba berbagai metode dalam proses pembelajaran. Begitu banyak model pembelajaran yang digunakan namun belum tentu sesuai dengan situasi dan kondisi di SMP NEGERI 8 Kupang khususnya pada kelas VIII. Hal ini membuat guru kesulitan dalam memilih model pembelajaran yang cocok sesuai dengan karakter peserta didik. Alasan penulis memilih melakukan penelitian dengan judul pengaruh penerapan model discovery learning karena model pembelajaran ini membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri dan melatih peserta didik untuk berpikir analisis, peserta didik belajar dengan keterlibatan langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMP NEGERI 8 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP NEGERI 8 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model discovery learning sedangkan peserta didik kelas VIII B sebagai kelas control yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Desai dalam penelitian ini The Nonequivalent Pretest- Posttest Control Group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pritest , posttest dan analisis data secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari pada pembelajaan langsung. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai hasil posttest pada kelas yang menerapkan model discovery learning lebih tinggi yaitu 75,83 dibandingkan pada kelas yang menerapkan model pembelajaan langsung yaitu 63,00. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukan signifikannya 0,000 ≤ 0,005. Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis Ho ditolak dan HA diterima yang artinya ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMP NEGERI 8 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMP NEGERI 8 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model Discovery Learning , hasil belajar, sistem penernaan pada manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:16
Last Modified: 03 Feb 2020 04:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item