Pengaruh Jumlah Wisatawan Jumlah Objek Wisata Jumlah Hotel Jumlah Restoran Terhadap Retribusi Pariwisata Di Kabupaten Manggarai Barat

GUNTUR, Paskalis Chandra (2024) Pengaruh Jumlah Wisatawan Jumlah Objek Wisata Jumlah Hotel Jumlah Restoran Terhadap Retribusi Pariwisata Di Kabupaten Manggarai Barat. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Paskalis Candra Guntur (31119070). Program Studi Ekonomi Pembangunan dibwah Bimbingan Pembimbing I Ibu Dr. Maria Erse Perseveranda, SE.,M.Si dan Pembimbing II Enike Tje Yustin Dima, SE, ME dengan judul penelitian “Pengaruh Jumlah Wisaawan, Jumlah Objek Wisata, Jumlah Hotel, dan Jumlah Restoran Terhadap Retribusi Pariwisata di kabupaten Manggarai Barat. Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perkembangan jumlah retribusi pariwisata, jumlah wisatawan, jumlah objek wisata, jumlah hotel, dan jumlah restoran di kabupaten Manggrai Barat. 2) untuk mengetahui signifikasi pegaruh secara parsial jumlah wisatawan, jumlah objek wisata, jumlah hotel, dan jumlah restoran di kabupaten Manggarai Barat. 3) untuk mengetahui signifikasi pengaruh secara simultan jumlah wisatawan, jumlah objek wisata, jumlah hotel, dan jumlah restoran di kabupaten Manggarai Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series diambil dari Tahun 2007-2022. Analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda dan data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Retribusi pariwisata di kabupaten Manggarai Barat dari 2007-2022 mengalami kenaikan dan penurunan dengan jumlah yang tidak besar tetapi pada tahun 2020-2021 retribusi pariwisata mengalami penurunan yang sangat besar. Hal ini disebabkan oleh jumlah wisatawan yang datang pada tahun 2020-2021 mengalami penurunan yang disebabkan pemerintah menerapkan sosial distancing dikarenakan adanya pandemic covid-19. Jumlah objek wisata di Kabupaten Manggarai Barat Mengalami kenaikan dari tahun 2016-2017 dari 52 objek wisata menjadi 87 objek wisata, kemudian dari tahun 2017-2022 tidak mengalami kenaikan. Sedangkan jumlah hotel dan jumlah restoran mengalami kenaikan dari tahun 2007-2022. Hasil uji t (Parsial) menunjukkan bahwa variabel Jumlah wisatawan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap retribusi pariwisata dengan nilai 0,000 < 0,05. variabel Jumlah objek wisata secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap retribusi pariwisata dengan nilai 0,681 > 0,05. variabel Jumlah Hotel secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap retribusi pariwisata dengan nilai 0,68 > 0,05. variabel Jumlah restoran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap retribusi pariwisata dengan nilai 0,033 < 0,05. Hasi uji F (Simultan) menunjukkan bahwa variabel jumlah wisatawan, jumlah objek wisata, jumlah hotel, dan jumlah restoran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap retribusi pariwisata dikabupaten Manggarai Barat dengan nilai 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi variabel jumlah wisaawan, jumlah objek wisata, jumlah hotel, dan jumlah restoran dapat menjelaskan retribusi pariwisata sebesar 0,961 atau 96,1% dan sisanya sebesar 3,9% dijelaskan variabel lain yang tdak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Retribusi Pariwisata, Jumlah Wisatawan, Jumlah Objek Wisata, Jumlah Hotel, Jumlah Restoran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Paskalis chandra guntur
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:55
Last Modified: 06 Mar 2024 06:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15374

Actions (login required)

View Item View Item