Komunikasi Nonverbal Dalam Membangun Persahabatan Di Kos Satar Mese Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang

MALON, Klaudia (2024) Komunikasi Nonverbal Dalam Membangun Persahabatan Di Kos Satar Mese Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini yang diajukan dengan judul “Komunikasi Nonverbal Dalam Membangun Persahabatan Di Kos Satar Mese Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang”, Komunikasi nonverbal merupakan pengemasan pesan tanpa menggunakan kata-kata dan komunikasi nonverbal jauh lebih umum dalam kehidupan nyata dibandingkan komunikasi verbal. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan jenis penlitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada anak kos Satar Mese terdapat tiga komunikasi nonverbal yang biasa digunakan dalam membangun hubungan persahabatan yakni ekspresi wajah, gerakan tubuh dan sentuhan. Ekspresi wajah disertai dengan senyuman memberikan pesan yang positif terhadap teman atau lawan bicara, sedangkan gerakan tubuh kususnya mengelengkan kepala menyatakan tidak setuju atau penolakan, dan sentuhan mengambarkan kasih sayang, simpati terhadap orang ataupun sahabat. Berdasarkan hasil temuan peneliti terhadap Komunikasi nonverbal dalam hubungan persahabtan di kos Satar Mese, dapat penulis simpulkan bahwa komunikasi yang terjalin antara sesama anak kos terjalin dengan baik, hal ini ditunjukan melalui indikator Ekspresi wajah meliputi (senang dan kontak mata), gerakan tubuh meliputi (kepala dan tangan) dan Sentuhan. Berjalannya komunikasi nonverbal dalam hubungan persahabtan di kos Satar Mese, dalam menjalin hubungan dengan sesama dapat dilihat pada saat berkumpul bersama, mereka selalu bertukar cerita dan saling bercanda. Dengan berkomunikasi nonverbal dalam hubungan pertemanan dapat menghasilkan sebuah solusi dalam sebuah pembicaraan masalah, dari komunikasi nonverbal dapat melihat lawan bicara berbicara bahasa tubuh yang dilakukan, nada yang digunakan, lalu dari perilaku tersebut dapat memperhatikan nilai kebenaran yang di ucapkannya. Saran dari penulis untuk anak kos diharapkan selalu menciptakan hubungan yang baik antara anak kos dengan memberikan ekspresi wajah senang ketika berkumpul bersama dan bertegur sapa dilingkungan kos Satar Mese.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Nonverbal, Persahabatan, Kos Satara Mese
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Klaudia Malon
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:04
Last Modified: 07 Mar 2024 01:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15407

Actions (login required)

View Item View Item