Analisis Sistem Dan Prosedur Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Berdasarkan Peraturan Bupati Belu Nomor 24 Tahun 2019 (Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu)

GUTERRES, Maria Valensia (2024) Analisis Sistem Dan Prosedur Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Berdasarkan Peraturan Bupati Belu Nomor 24 Tahun 2019 (Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (350kB)

Abstract

Maria Valensia Guterres, NIM: 33119081, dengan judul skripsi “Analisis Sistem Dan Prosedur Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2019 (Pada Bapenda Kabupaten Belu)" Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE, M.Sc sebagai pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut, SE,MM sebagai Pembimbing II. Rumusan masalah yang diteliti adalah Apakah sistem dan prosedur pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan perdesaan dan perkotaan di Kabupaten Belu sudah sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2019. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sistem dan prosedur pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan perdesaan dan perkotaan Kabupaten Belu sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2019 dengan kondisi rill di lapangan. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model John W. Creswell (2017) yang menjabarkan langkah-langkah analisis data ke dalam tahap-tahap, meliputi Mengolah data dan mempersiapkan data untuk dianlisis, Membaca keseluruhan data, Menganalisis lebih detail dengan meng-coding data, Mendeskripsikan seting berdasarkan proses coding, Menunjukan bagaimana deskripsi dan tema-tema ini akan disajikan kembali dalam narasi/laporan kualitatif dan Menginterprestasi atau memaknai data. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur pemungutan PBB berdasarkan indikator pendaftaran, penilaian, penetapan dan penagihan sudah berjalan sesuai peraturan bupati yang telah ditetapkan, akan tetapi di dalam indikator pendataan dan pembayaran belum sesuai dengan peraturan bupati yang telah ditetapkan. Hal ini dibuktikan dengan ketetapan dan realisasi yang telah ditetapkan belum mencapai target yang telah ditetapkan setiap tahunnya, hambatannya adalah kurangnya partisipasi masyarakat dalam memberikan data dan membayar objek pajak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa prosedur pemungutan PBB dalam meningkatkan PAD telah dilaksanakan meskipun ada kendala dalam pelaksanaannya. Saran yang dapat di sampaikan peneliti bagi pemerintah Kabupaten Belu, agar dalam meningkatkan kesadaran Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya hendaknya diadakan program penyuluhan dan sosialisasi penambahan wawasan wajib pajak terhadap PBB-P2 serta perlu ditingkatkan lagi kinerja dalam memungut pajak dan menambah sarana prasana yang mendukung proses pemungutan dan juga penambahan karyawan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Dan Prosedur,PBB,PAD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Maria Valensia Guterres
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:21
Last Modified: 06 Mar 2024 08:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item