Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Studi Kasus Di Desa Bowali, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada)

REBA, Christianus Putra Waso (2024) Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Studi Kasus Di Desa Bowali, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (767kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (437kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (628kB)

Abstract

Christianus Putra Waso Reba, NIM 33119035; Skripsi berjudul: Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Studi Kasus di Desa Bowali, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Stanis Man, SE.,M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Beatrix Y. Manehat, SE.,M.S.A selaku pembimbing II. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan sistem pengendalian internal pada Badan Usaha Milik Desa Sinar Bowali, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada?. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan sistem pengendalian internal pada Badan Usaha Milik Desa di Desa Bowali, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa BUMDes Sinar Bowali dalam menerapkan sistem pengendalian internal sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tetapi masih belum berjalan dengan baik. Komponen yang sudah berjalan berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2008 yaitu lingkungan pengendalian, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi. Adapun komponen yang belum berjalan sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2008 yaitu pada sub penilian risiko dan pemantauan atau monitoring. Dengan demikian saran yang diberikan kepada BUMDes Sinar Bowali yaitu: 1) BUMDes Sinar Bowali harus merekrut pegawai yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik untuk mendukung aktivitas pengelolaan BUMDes Sinar Bowali 2) BUMDes Sinar Bowali sebaiknya melakukan evaluasi secara berkala minimal 1 bulan sekali. 3) BUMDes Sinar Bowali juga harus memberikan sanksi yang tegas kepada anggota BUMDes yang tidak bekerja sesuai dengan SOP dan sanksi kepada anggota BUMDes yang terlambat mengembalikan modal maupun iuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pengendalian, Badan Usaha Milik Desa.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Christianus Putra Waso Reba
Date Deposited: 06 Mar 2024 13:12
Last Modified: 06 Mar 2024 13:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15445

Actions (login required)

View Item View Item