Analisa Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal (Studi Kasus Di Jalan Alfons Nisnoni Dan Jalan Banteng)

MALI, Andryanto Julio (2024) Analisa Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal (Studi Kasus Di Jalan Alfons Nisnoni Dan Jalan Banteng). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (423kB)

Abstract

Simpang empat merupakan salah satu jenis simpang yang sering ditemui dalam sistem jaringan transportasi perkotaan. Simpang empat tak bersinyal merupakan tipe simpang yang tidak dilengkapi dengan sistem pengaturan lalu lintas secara elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang empat tak bersinyal yang terletak di Jalan Alfons Nisnoni dan Jalan Banteng, dengan menganalisa arus lalu lintas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survei lapangan untuk mengumpulkan data volume lalu lintas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode perhitungan kapasitas jalan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisis menunjukkan bahwa simpang empat tak bersinyal ini mengalami kepadatan lalu lintas yang tinggi pada jam-jam sibuk, yang menyebabkan peningkatan waktu tunggu dan penurunan kecepatan rata-rata kendaraan. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa kinerja simpang empat tak bersinyal di Jalan Alfons Nisnoni dan Jalan Banteng perlu ditingkatkan. Beberapa rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan antara lain peningkatan kapasitas jalan dengan penambahan jalur atau perubahan geometri simpang, pengaturan pola pergerakan kendaraan yang lebih efisien, dan peningkatan koordinasi antara simpang-simpang terdekat. Dengan implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi lalu lintas di simpang empat tak bersinyal tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Simpang empat tak bersinyal, kinerja lalu lintas, evaluasi kapasitas, tingkat pelayanan, efisiensi lalu lintas, kepadatan lalu lintas, waktu tunggu, kecepatan kendaraan, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perbaikan infrastruktur, pengaturan pola pergerakan kendaraan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Andryanto Julio Mali
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:47
Last Modified: 07 Mar 2024 01:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15451

Actions (login required)

View Item View Item