Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

DIMU, Intan Arista Koro (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (388kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (331kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (638kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (661kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (312kB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk memahamiserta mengatur suasana hati agar tidak melumpuhkan kejernihan pikiran, tetapi mampu menampilkan beberapa kecakapan antar pribadi. Keterampilan pemecahan masalah merupakan suatu tingkat aktivitas intelektual untuk mencari penyelesaian masalah yang dihadapidengan menggunakan bekal pengetahuan yang dimiliki. Pendekatan Inkuiri terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didikuntuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Proses pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbingdirancang sedemikian rupa agar peserta didikaktif dalam pembelajaran melalui tahapan-tahapanidentifikasi dan klasifikasi masalah, rumusan masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?(2) Bagaimana kecerdasan emosional peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?(3) Bagaimana keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?(4) Adakah hubungan kecerdasan emosionaldan keterampilan pemecahan masalahterhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?(5) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuandan hasil belajar keterampilanpeserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupangtahun pelajaran 2018/2019 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019.Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbingefektif terhadap materi pokok larutan penyanggapada peserta didikkelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019(2) Kecerdasan Emosionalpeserta didikkelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019termasuk dalam kategori baik dengan rata-ratanilai sebesar 85(3) Keterampilan Pemecahan Masalahpeserta didikkelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019termasuk dalam kategori baik dengan persentase rata-rata keterampilan pemecahan masalahsebesar85%(4) Ada hubungan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah dengan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019dengan koefisien korelasiganda= 0,881dan = 0,879(5) Ada pengaruh antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Keterampilan Pemecahan Masalah, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Pengetahuan Peserta Didik, Hasil Belajar Keterampilan Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 03 Feb 2020 05:23
Last Modified: 03 Feb 2020 05:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item