Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Manggarai Timur Tahun Nggaran 2017-2021

FANTURA, Angelia Septiawati (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Manggarai Timur Tahun Nggaran 2017-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan SURAT KETERENGAN BEBAS PALGIASI.pdf

Download (193kB)

Abstract

Angelia Septiawati Fantura (NIM 33119145) dengan judul “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Manggarai Timur Tahun Anggaran 2017-2021”.Pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Program Studi Akuntansi, Kosentrasi Keungan Daerah. Peneletian ini bertujuan guna untuk mengetahui pengaruh Jumlah Penduduk, Pengeluaran Pemerintah, PDRB, Pajak Daerah, Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Manggarai Timur. Peneltian menggunakan data sekunder dari hasil pencatatan yang sudah sistematis berupa data time series selama 5 tahun, yaitu terhitung dari tahun 2017-2021, yang diperoleh dari Dinas Pendapatan Asli Daerah, Badan keuangan Dearah, serta Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Manggarai Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series dari tahun 207-2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Jumlah Penduduk tidak berpengaruh signifikan terhadap PAD dengan hasil Uji t dengan Sig.0,503 >0,05, sedangkan Pengeluaran Pemerintah, PDRB, Pajak Daerah, Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah, dengan Uji yang dilakukan semuanya dibawah 0,05, yang dimana itu berarti signifikan. Impilkasi dari kesimpulan hasil diatas yaitu, tidak semua faktor berpengaruh signifikan terhadap PAD, contohnya dalam penelelitian ini yaitu Jumlah Penduduk, artinya tidak selamnya jika jumlah penduduk bertambah atau berkurang maka akan memengaruhi PAD. Cara agar bisa menaikan PAD yaitu dengan cara memaksimalkan serapan anggaran yang digunakan untuk pengeluaran pemerintah. Pemerintah harus memastikan bahwa pengeluaran yang akan dikeluarkan dialokasikan dengan tepat untuk membangun sarana-prasarana serta infrastruktur untuk kelancaran aktivitas ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Penduduk, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pajak Dearah, Retribusi Daerah,Pendapatan Asli Daerah.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Angelia Septiawati Fantura
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:20
Last Modified: 07 Mar 2024 03:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item View Item