Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing Dan E-Bupot Unifikasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kupang

NGONGO, Roswita Nartiana (2024) Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing Dan E-Bupot Unifikasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (233kB)

Abstract

Roswita Nartiana Ngongo, NIM: 33119013, dengan judul skripsi “Pengaruh Penerapan Sistem e-Filing dan E-Bupot Unifikasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kupang)”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Stanis Man, SE., M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Leopold M.T Dawu, SE, MM selaku dosen pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimakah gambaran tentang penerapan sistem e-Filing dan e-Bupot Unifikasi, dan kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Kupang? (2) Apakah Penerapan sistem E-Filing dan e-Bupot Unifikasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi? (3) Apakah penerapan sistem e-Filing dan e-Bupot Unifikasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi? Penelitian ini menggunakan studi empiris pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor pelayanan pajak Pratama Kupang dengan ukuran sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan Statistical Package for the sosial sciencel (SPSS) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-Filing memiliki signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), dan Penerapan e-Bupot Unifikasi sebesar 0,001 (<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan e-Filing dan penerapan e-Bupot Unifikasi berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Kupang. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa penerapan e-Filing dan penerapan e-Bupot Unifikasi berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Kupang dengan nilai Fhitung 68,198 > Ftabel 3,091. Dengan demikian disarankan untuk KPP Pratama Kupang untuk meningkatkan lagi kinerja pelayanannya dan lebih sering dilakukannya sosialisasi mengenai sistem-sistem perpajakan yang diterapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak, sehingga wajib pajak lebih paham dan mengerti mengenai tata cara penggunaan sistem-sistem perpajakan agar dapat meningkat kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan e-Filing, Penerapan e-Bupot Unifikasi, Kepatuhan wajib pajak orang pribadi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Roswita Nartiana Ngongo
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:29
Last Modified: 07 Mar 2024 03:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15473

Actions (login required)

View Item View Item