Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Manulai I Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang

VEBRIYANI, Ni Kadek Maria (2024) Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Manulai I Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (430kB)

Abstract

Ni Kadek Maria Vebriyani, NIM: 33119124; dengan judul skripsi “Analisis Transparansi dan Akuntabilitas Alokasi Dana Desa Manulai I Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang”, dibawah bimbingan Ibu Dr. M.E. Perseveranda, SE.,M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Beatrix Y. Manehat, SE., M.S.A selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan ADD, pada tahap penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan di Desa Manulai I, Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam Alokasi Dana Desa, pada tahap penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan di Desa Manulai I, Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berbentuk deskriptif. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dalam penerapan transparansi di Desa manulai I belum dikatakan transparan. Aparatur desa hanya menginformasikan terkait Alokasi Dana Desa kepada masyarakat melalui musyawarah desa saja, hanya beberapa masyarakat desa yang mengikuti musyawarah tersebut, tidak adanya papan informasi terkait pelaksanaan Alokasi Dana Desa digunakan dan dialokasikan untuk apa saja, mengakibatkan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan desa. Akuntabilitas pada tahap Penatausahaan, pelaporan, dan Pertanggungjwaban pengelolaan ADD pada desa Manulai I pada penerapannya sudah dikatakan cukup baik karena sudah menerapkan unsur tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. (1) Tahap penatausahaan; Bendahara sudah melakukan proses pencatatan sesuai ketentuan dan slalu melaporkan laporan pertanggungjawaban tiap bulannya kepada kepala desa. Tetapi dari pihak bendahara sendiri masih mengalami kendala dalam proses pencatatan karena keterbatasan pendidikan dan pengalaman Bendahara. (2) Tahap pelaporan; untuk pelaporan alokasi Dana Desa di Desa Manulai I untuk semester pertama disampaikan pada bulan Sepetember yang seharusnya dilaporkan pada bulan juli tahun berjalan, laporan semester akhir tahun masih dalam tahap pengerjaan dan masih dalam tahun periode berjalan. (3) Tahap pertanggungjawaban; Kepala Desa sudah Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Kepada Bupati/Walikota tetapi hal tersebut belum terlaksana dengan baik dikarenakan masih dalam proses kegiatan tahun berkenan (bulan Desember). Temuan penelitian ini diharapkan dalam penerapan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa dapat terlaksana dengan sepenuhnya, dengan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya keikut sertaan masyarakat dalam musyawarah desa, baik dalam perencanaan ataupun pelaksanaan, sehingga pelaksanaan pengelolaan alokasi dana desa dapat terlaksana sesuai dengan mufakat aparat desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi, Pengelolaan ADD Desa Manulai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Ni Kadek Maria Vebriyani
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:16
Last Modified: 07 Mar 2024 07:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15479

Actions (login required)

View Item View Item