Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 Oleh Pemerintah Desa Umakatahan, Kecamatan Malak Tengah, Kabupaten Malaka

IKUN, Maria Goreti Rika (2024) Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 Oleh Pemerintah Desa Umakatahan, Kecamatan Malak Tengah, Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 Oleh Pemerintah Desa Umakatahan, Kecamatana Malaka Tengah, Kabupaten Malaka”. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014, di Desa Umakatahan, Kecamatana Malaka Tengah, Kabupaten Malaka dan Apa saja Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014, Di Desa Umakatahan, Kecamatana Malaka Tengah, Kabupaten Malaka. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui, Mendeskripsikan dan Menganalisis Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 di Desa Umakatahan, Kecamatana Malaka Tengah, Kabupaten Malaka dan untuk Mengetahui, Mendeskripsikan dan Menganalisis Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 di Desa Umakatahan, Kecamatana Malaka Tengah, Kabupaten Malaka. Penelitian ini berlandaskan pada Peraturan Pemerintah Dalam Negeri (Permendagri)o Nomor 113 Tahun 2014 yang terdiri dari beberapa indikator yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban. Untuk memperoleh gambaran Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 Oleh Pemerintah Desa Umakatahan, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku, dan dokumen resmi dari kantor desa umakatahan dan instansi terkait dengan penelitian ini. Informan dalam penelitian ini adalah kepala desa, pegawai serta masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas sumber daya manusia kurang memadai sebagai penghambat akuntabilitas APBDes. Hal ini ditandai dengan faktor penghambat yang mempengaruhi pengelolaan keuangan desa umakatahan yang dilihat dari indikator pelaksanaan yang berkaitan dengan pelaksanaan pengelolaan keuangan dimana desa umakatahan masih memiliki keterbatasan sumber daya manusia pada aparatur-aparatur pemerintah desa, terutama ahli teknologi informasi, keterlambatan anggaran pencairan dana, serta kurangnya pendampingan dari pemerintah di atasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Keuangan Desa, Permendagri Nomor 113 Tahun 2014
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Maria Goreti Rika Ikun
Date Deposited: 07 Mar 2024 14:27
Last Modified: 07 Mar 2024 14:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item View Item