Hambatan Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid Tunarungu-Wicara (Studi Kasus Pada Siswa SMP Kelas 3 Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Kota Kupang)

LABINA, Aldertho Yohakim (2024) Hambatan Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid Tunarungu-Wicara (Studi Kasus Pada Siswa SMP Kelas 3 Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai skripsi dengan judul “Hambatan Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid Tuna Rungu-Wicara Pada SLB Negeri Pembina Kota Kupang (Studi Kasus Pada Kelas 9 SMP SLB Negeri Pembina Kota Kupang) ”SLB Negeri Pembina Kota Kupang merupakan salah satu sekolah bagi anak-anak penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus yang ada di kota Kupang dan berdiri pada tahun 1980 lalu mendapatkan SK pendirian pada 19 November 2005. Sekolah ini menyediakan jenis pelayanan bagi anak yang menyandang (a) tunanetra, (b) tunarungu, (c) tunagrahita ringan, (c1) tunagrahita sedang, (d) tunadaksa, (g) tunaganda dan autis dengan mempunyai tiga tingkatan jenjang yaitu SDLB, SMPLB dan SMALB. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian wawancara komperhensif, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliput redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada hasil penelitian, penulis menjelaskan deskripsi objek hasil penelitian, profil sekolah, visi dan misi SLBN Pembina, hasil wawancara dan para informan. Berdasarkan judul penelitian ini, maka penulis melakukan penelitian dan pengamatan di kelas anak-anak tunarungu-wicara. Dari hasil pengamatan tersebut penulis menemukan bahwa, guru menyesuaikan gaya atau pola komunikasi mereka dengan para murid agar mengurangi dampak hambatan komunikasi yang terjadi saat belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Komunikasi Interpresonal, Tuna Runggu-Wicara, SLB Negeri Pembina Kota Kupang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Aldertho Yohakim Labina
Date Deposited: 07 Mar 2024 13:17
Last Modified: 07 Mar 2024 13:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15511

Actions (login required)

View Item View Item