Fungsi Koordinasi Tua Golo Dalam Pembagian Tanah Adat Berdasarkan Adat Lodok Cicing Pada Masyarakat Desa Meler, Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai

NAHUR, Oktavianus Yansen (2024) Fungsi Koordinasi Tua Golo Dalam Pembagian Tanah Adat Berdasarkan Adat Lodok Cicing Pada Masyarakat Desa Meler, Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB)

Abstract

Judul Penelitian Fungsi Koordinasi Tua Golo Dalam Pembagian Tanah Adat Berdasarkan Adat Lodok Cicing Pada Masyarakat Desa Meler Kecematan Ruteng Kabupaten Manggarai . Lodok lingko merupakan salah satu tata ruang budaya oarang Manggarai. Lingko erat kaitanya dengan sistem matapencaharian masyarakat Manggarai. Lingko dan peran Tua Golo menjadi bagian yang tak terpisakan dalam kehidupan suatu kampung. Hal ini dilukiskan dalam beberapa peran Tua Golo yakni : mencatat nama-nama aanggota yang berhaka mendapat-kan pembagian tanah ulayat, membagi tanah dan menyelesaikan berbagai persoa-lan yang berhubungna dengan kebun, dan sebagai yang memimpin setiap upacar adat yang berkaitan dengan proses pembagian Lingko Lodok ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui Peran koordinasi Tua Golo dalam pembagian tanah adat di desa Meler, Kecematan Ruteng, Kabupaten Manggarai dengan menggunakan teori koordinasi yang efektif dari Stoner (2006)dengan aspek yang di ukur yaitu: Komunikasi, Kerja sama, Sinkronisasi, dan Kesatuan tindakan. Penelitian menggunakan metode pendekatan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengupulan datanya yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Ber-dasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan Fungsi Koordinasi Tua Golo Dalam Pembagian Tanah Adat Berdasarkan Adat Lodok Cicing Pada Masyaraakat Desa Meler, Kecematan Ruteng, Kabupaten Manggarai masi adah beberapa kendalan dalam pemberina koordinasi, ini dilihat dari aspek Komunikasi kurang meratanya kominikasi antar tua adat dan masyarakat. Dan masi banyak masyarakat kurang memahami fungsi dan manfaat dari setiap rangkaian acara adat dalam proses pembagian lingko sperti adat Lilik Compang, Teing Hang. Lilik compang yang dilanjutkan dengan teing hang. Semoga kedepan semua warga kampung terlibat aktif dalam setiap kegiatan atau acarta-acara kedepanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lodok Cicing, Koordinasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Oktavianus Yansen Nahur
Date Deposited: 07 Mar 2024 14:21
Last Modified: 07 Mar 2024 14:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15515

Actions (login required)

View Item View Item