Pengaruh Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Kimia Materi Pokok Larutan Penyagga Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

APLOEGI, Alan Rufus S. (2019) Pengaruh Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Kimia Materi Pokok Larutan Penyagga Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1. ABSTRAKSI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
2.BAB 1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
3.BAB 2.pdf

Download (382kB)
[img] Text
6.BAB 5.pdf

Download (158kB)
[img] Text
5.BAB 4.pdf

Download (516kB)
[img] Text
4.BAB 3.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA NEGERI 5 KUPANG. Pendekatan inkuiri merupakan suatu teknik atau strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk merangsang peserta didik untuk lebih aktif mencari, meneliti serta menemukan sendiri pemecahan masalah tentang pengetahuan yang sedang dipelajari. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dengan materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana keterampilan sosial peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan keterampilan sosial dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelaajaran 2018/2019 ? (5) Adakah pengaruh keterampilan sosial dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 ? Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari (a) untuk mengetahui kemampuan guru dalam megelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing terbimbing pada materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang, (b) untuk mengetahui ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang, (c) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui keterampilan sosial peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang. (3) Untuk mengetahui kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang. (4) Untuk mengetahui hubungan keterampilan sosial dan kemampuan penalaran dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang . (5) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan sosial dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek ketrampilan (KI 4), angket keterampilan sosil dan soal tes kemampuan penalaran. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang pelajaran 2018/2019. (2) Keterampilan sosial peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang 2018/2019 tergolong dalam kategori baik sekali dengan pesersentase 84,45%. (3) Kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang 2018/2019 tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,06. (4) Ada hubungan antara keterampilan sosial dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang 2018/2019 dengan koefisisen korelasi ganda sebesar rx1x2y1 = 0,948 dan rx1x2y2 = 0,576. (5) Ada pengaruh antara ketrampilan sosial dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pengatahuan dan hasil belajar keterampilan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang 2018/2019 dengan persamaan garis regresi ganda Ŷ1= 0,155 + 0,973X1 + 0,049X2 dan Ŷ2= 51,23 + 0,354X1 + 0,065X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Kemampuan Penalaran, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Pengetahuan, Hasil Belajar Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 03 Feb 2020 05:25
Last Modified: 03 Feb 2020 05:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item