Model Pengambilan Keputusan Tua Adat Dalam Ritus Pua Karapau (Muat Kerbau) Desa Rokirole, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka

CAWA, Yorcan Faren Nomirvan (2024) Model Pengambilan Keputusan Tua Adat Dalam Ritus Pua Karapau (Muat Kerbau) Desa Rokirole, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan SURAT KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Model Pengambilan Keputusan Tua Adat Dalam Ritus Pua Karapau (Muat Kerbau), di Desa Rokirole, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pengambilan Keputusan Tua Adat dalam Ritus Pua Karapau. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pengambilan Keputusan dari Mann, Harmoni dan Power (1989) dengan indikator adalah Pemahaman, Pemecahan Masalah dan Konsekuensi. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian adalah, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, tokoh anak muda. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan teknik verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian menunjukan bahwa ritual tradisional sangat penting dalam proses pengambilan keputusan dan menjaga warisan budaya. Ritual Pua Karapau adalah salah satu contoh yang menjadi sarana komunal untuk menyelesaikan konflik berdasarkan hukum adat yang sudah ada sejak lama. Konsekuensi dari mematuhi atau melanggar norma-norma budaya juga penting dalam menjaga stabilitas sosial. Selain itu, faktor ekonomi dan sosial juga harus diperhatikan dalam penjadwalan ritual adat untuk menghindari dampak negatif terhadap perekonomian masyarakat. Pengambilan keputusan tua adat dalam ritus pua karapau sangat bepengaruh bagi masyarakat adat Desa Rokirole. Hal ini dapat dilihat dari dampak-dampak yang terjadi jika Tua Adat keliru dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pengambilan Keputusan, Ritus Pua Karapau, Tua Adat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP YORCAN FAREN NOMIRVAN CAWA
Date Deposited: 07 Mar 2024 14:36
Last Modified: 07 Mar 2024 14:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item View Item