Evaluasi Kinerja Lalu Lintas di Simpang Lengan Empat (Studi Kasus: Jalan Lasitarda 1, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Lasitarda 2, dan Jalan Herman Fernandez Kabupaten Flores Timur)

DE ROSARI, Yosefina Bintari (2024) Evaluasi Kinerja Lalu Lintas di Simpang Lengan Empat (Studi Kasus: Jalan Lasitarda 1, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Lasitarda 2, dan Jalan Herman Fernandez Kabupaten Flores Timur). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Daerah Persimpangan merupakan tempat terjadinya konflik antra arus lalulintas dari arah berlawanan dan saling memotong, sehingga menyebabkan kemacetan di sepanjang lengan simpang. Kemacetan disebabkan oleh berkurangnya lebar efektif jalan karena adanya parkir pada badan jalan. Dengan bertambahnya nilai hambatan samping di suatu ruas jalan dapat mengakibatkan penurunan pada kinerja jalan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kapasitas lalulintas di persimpangan tak bersinyal dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, maka perlu dilakukan tinjuan pada karakteristik lalulintas dan kinerja lalulintas. Penelitian yang dilakukan meliputi survei mengenai volume arus lalu lintas, hambatan samping, dan geometric jalan. Penelitian dilakukan selama 7 hari, pelaksanaan survei pada waktu-waktu sibuk. Dari data survei kemudian diolah menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari data survei kemudian diolah menggunakan pedoman MKJI 1997 didapatkan arus lalu lintas tertinggi pada hari senin sebesar 2.391 smp/jam, Kapasitas ruas jalan (C) sebesar 5065,27 smp/jam, Derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,55, dengan nilai tundaan simpang sebesar 9,85 det/smp dan peluang antrian sebesar 28,17% - 12,95% sehingga didapatkan tingkat pelayanan jalan (LOS) yaitu arus kecepatan masih stabil, kecepatan dan pergerakan lebih ditentukan oleh volume yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hambatan samping, kapasitas, level of service, MKJI 1997, Derajat Kejenuhan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Yosefina Bintari de Rosary
Date Deposited: 07 Mar 2024 23:36
Last Modified: 07 Mar 2024 23:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15533

Actions (login required)

View Item View Item